Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube

6 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube
6 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube

Pernakah anda berpikir bisa menonton youtube tetapi hemat kuota ? Apakah itu bisa dilakukan ?

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi dan tutorial menarik untuk anda yang ingin menonton youtube tetapi ingin kuotanya tetap hemat. Youtube memang terkenal sebagai situs penyedia video gratisan, ada jutaan video baru yang upload setiap harinya sehingga anda bisa dengan bebas mengakses video dengan mudah melalui perangkat android dan laptop anda.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang suka menonton video youtube karena memang memberikan rasa menyenangkan sendiri karena anda tidak bisa menemukan tayangkan lucu dan unik di televisi anda. Nah, mengingat video youtube itu ada resolusinya dari yang paling kecil ke tinggi, setiap resolusi yang ditampilkan akan menyedot sejumlah kuota secara bertahap.

Dimana resolusi full HD di Youtube bisa menghabiskan kuota lebih banyak dibandingkan untuk resolusi 144 atau 480P saja. Inilah kenapa kuota anda yang hanya 1 GB bisa ludes dalam beberapa menit ketika menonton video dengan resolusi yang tinggi, tetapi tenang saja karena disini kami akan bagikan caranya agar hemat nonton youtube. Berikut ini adalah informasinya.

6 Cara Hemat Menonton Video Youtube Dengan Kuota Android


1. Manfaatkan Kuota Wifi Gratisan


Cara pertama yang sudah cukup umum untuk didengar oleh banyak pengguna youtube adalah memanfaatkan wifi untuk menonton video, hanya saja kalau anda benar-benar tidak sempat untuk menonton video bisa mendownloadnya dengan kuota wifi tersebut.

Contoh kalau anda sedang berada di café bersama dengan teman dan ingin menonton youtube, download saja videonya karena di youtube itu ada fitur untuk download dan bisa ditonton nanti. Jadi, pas dirumah anda bisa menonton sepuasnya hasil download.

Lakukan hal ini untuk menghemat kuota anda, cara ini sudah banyak dicoba oleh mereka yang memang ingin berhemat tetapi tetap ancar jaya menonton video youtube.

Bagaiman mau mencobanya ? Ada banyak tempat umum yang menyediakan wifi gratisan seperti restoran, café dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Gunakan Browser Yang Hemat Kuota


Cara lain yang lebih pasti untuk menghemat paket data ketika digunakan untuk menonton video youtube adalah menggunakan browser yang hemat kuota. Salah satu fitur ini sudah disematkan pada browser google chrome yang bisa anda aktifkan dengan mudah.

Setelah anda aktifkan, secara otomatis google chrome akan menyesuaikan resolusi tampilan video youtube untuk anda di posisi yang tidak banyak memakan kuota. Contoh lain, anda juga akan dibatasi untuk mengakses internet dengan kecepatan maksimal karena jelas disana tujuannya untuk menghemat pengeluaran data anda.

Jadi sangat wajar kalau mode data saving ini aktif, resolusi video dan gambar yang ditampilan di google chrome akan menurun. Bagaimana cara mengaktifkan mode data saving ini ? Silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.


  • Langkah pertama anda bisa masuk ke google chrome yang sudah terinstal di hp android anda
  • Kemudian setelah itu, masuk ke menu settingan pada ponsel lalu aktifkan save mode yang artinya menyimpan banyak kuota untuk anda gunakan. Sehingga ada batasan kuota harian yang dikeluarkan.
  • Setelah itu, anda bisa mengakses youtube melalui browser chrome tersebut.
  • Selesai.

3. Gunakan Aplikasi Youtube Go


Aplikasi youtube yang satu ini memang didesain seminimalis mungkin untuk digunakan, perbedaan dari youtube Go dan youtube biasa terletak pada jumlah video yang ditampilkan. Untuk Youtube go ini cukup terbatas videonya, tidak seperti di aplikasi youtube yang biasa digunakan.

Setelah itu, video yang ada di youtube Go ini bisa didownload dan bisa ditonton nanti, artinya anda tidak perlu mengeluarkan kuota double untuk bisa menonton video di Youtube Go. Durasi video yang ada di Youtube go juga tidak terlalu lama seperti durasi video yang ada di Youtube biasanya.

Anda bisa mendownload youtube go di playstore dan kemudian menginstalnya di smartphone anda. Nikmati tontonan Video youtube dengan hemat kuota yang lebih maksimal.

4. Menurunkan Kualitas Video


Salah satu cara terbaik menurut kami agar ketika menonton video youtube dan tidak menyedot banyak kuota, lebih baik turunan resolusi atau kualitas video seminim mungkin. Intinya, kalau anda masih bisa melihat gambar di video maka sudah cukup bagus untuk menikmati video tersebut secara maksimal.

Jangan menaikkan kualitas video sampai full HD atau 4K, karena biaya per frame yang diambil cukup besar, bahkan untuk kuota 1 GB dengan video berkualitas full HD durasi 1 jam bisa langsung habis seketika. Durasi dan kualitas video menjadi faktor utama yang menghabiskan kuota internet anda dalam beberapa jam saja.

5. Berikan Batas Penggunaan Data

Cara berikutnya agar kuota internet anda tetap hemat dan bertahan hingga ahir bulan, lakukan batasan penggunaan kuota yang bisa anda setting pada bagian koneksi jaringan. Ini penting untuk dilakukan, karena bisa menghemat kuota 50% lebih untuk kebutuhan lainnya.

Menikmati hiburan seperti Youtube memang cukup menyenangkan diwaktu luang, tetapi anda juga harus ingat kalau menonton youtube dalam waktu yang cukup lama juga bisa menghabiskan kuota internet anda dalam sekejap.

Maka dari itu, settingan batasan kuota ini sangat penting dilakukan agar anda lebih disiplin dalam pemakaian kuota harian. Cara setting batasan pengguanan kuota bisa anda lihat dibawah ini.


  • Masuk ke setelan pada smartphone anda.
  • Kemudian setelah itu anda bisa masuk ke bagian penggunaan data.
  • Masuk ke menu penghemat data pintar dan klik aktifkan.
  • Secara otomatis, sistem akan membatasi. penggunaan data sehari 200 – 500 mb, tergantung dari pengaturan yang anda buat.
  • Setelah itu, anda bisa memakai ponsel seperti biasanya, hanya saja dalam sehari ketika data sudah mencapai batas penggunaan, tidak bisa dipakai untuk internet dan harus menunggu hari berikutnya. Kalau anda ingin mengembalikan keadaan seperti semula, bisa masuk ke settingan kembali dan nonaktifkan. Mudah bukan ?


6. Manfaatkan Promo Kuota Data Youtube

Cara terakhir yang bisa kami bagikan kepada anda adalah dengan memanfaatkan promo kuota youtube dari beberapa provider yang anda pakai, seperti contoh Telkomsel misalnya yang memberikan promo kuota gratis kepada setiap pengguna setiap kali login ke aplikasi MyTelkomsel, atau anda bisa membeli kuota Youtube dengan harga yang lebih murah dibandingkan kuota utama.

Disana banyak sekali paket pilihan yang bisa anda coba, tentu harganya lebih murah dibandingkan kuota utama. Kalau kuota Youtube hanya bisa dipakai menonton video youtube aja dan tidak bisa dipakai untuk akses internet lainnya.

Oke, sampai disini dulu informasi dari kami, semoga tips dari kami ini bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua. terimakasih.

Post a Comment for "6 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube"