Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Tips Mencegah Smartphone Meledak/Terbakar

Penyebab dan Tips Mencegah Smartphone Meledak/Terbakar
Penyebab dan Tips Mencegah Smartphone Meledak/Terbakar

Mediamanfaat.com - Sebagai sebuah alat komunikasi, smartphone dapat tiba - tiba panas secara berlebihan. Hal ini dikarenakan prosesor bekerja dengan keras hingga memunculkan panas. Apalagi, ketika dipakai dalam kondisi sedang mengisi baterai.

Maka tak jarang, ada kasus dimana smartphone android meledak dan mencelakakan pemiliknya. Karena ledakan tersebut bahkan ada yang mengalami luka bakar parah hingga dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone yang Lemot

Seperti kasus - kasus meledaknya smartphone android di bawah ini:

  • iPod Touch meledak di saku seorang anak usia 10 tahun yang mengakibatkan sang anak menderita luka bakar tingkat 2.
  • Shibani Bhujle, seorang wanita yang bekerja sebagai manajer pemasaran di New York, mengaku bahwa iPhone 4S miliknya tiba - tiba panas secara berlebih dan mengluarkan asap karena baterai yang meleleh kepanasan.
  • Seorang pria Hongkong mengaku bahwa Samsung Galaxy S4 miliknya telah membakar seisi apartemennya. Hal ini terjadi ketika dia bermain game Love Machine di smartphone tersebut. Kemudian, smartphone Samsung Galaxy 4S tersebut semakin panas dan meledak. Pria ini pun langsung melemparkan smartphone ke sofa, yang justru membuat terbakarnya seluruh isi ruangan apartemen.
  • Kasus selanjutnya dialami oleh seorang pramugari asal China, yang dikabarkan tewas ketika menelepon dengan iPhone 5 miliknya ketika sedang dicharge. Menurut laporan forensik, pramugari tersebut meninggal karena terkena aliran listrik.


Penyebab dan Tips Mencegah Smartphone Terbakar/Meledak


Melihat kasus di atas, justru seringnya menimpa smartphone dengan brand ternama. Oleh karena itu, meledaknya smartphone dapat terjadi pada brand smartphone android apapun, sekalipun itu brand ternama dan berharga mahal.

Dan tentunya, semua berpotensi mengalami hal tersebut. Kasus tersebut hanya bersifat membantu dan tidak bertujuan untuk menjatuhkan suatu label, dan berdasarkan pada berita yang ada.

Supaya tidak terjadi hal tersebut, berikut ini akan diberikan tips untuk meminimalisir meledak atau terbakarnya smartphone android. Diantaranya sebagai berikut:

1. Kondisi Baterai


Kebanyakan kasus meledaknya smartphone dikarenakan baterai smartphone yang sangat panas. Apalagi, baterai yang digunakan bukan ori, sudah jelek, bahkan hingga mengembung.

Karena, baterai yang mengembung rentan meledak dan tidak menutup kemungkinan arus yang seharusnya masuk ke dalam baterai adalah arus DC, menjadi arus AC.

Sehingga, baterai tidak dapat menampung arus masuk yang berlebih.

2. Menggunakan Produk ORI


Gunakanlah komponen original sesuai dengan brand smartphone. Mulai dari charger, baterai, kabel, harus dipastikan original.



3. Jangan Dipakai ketika Dicharge



Ketika sedang dicharge, smartphone akan lebih panas dari kondisi normalnya.

Oleh karena itu, janga digunakan untuk bermain game, tethering wifi, menelepon, bermain sosmed, menonton video, dan aktivitas lainnya.

4. Menjaga Suhu Smartphone


Suhu smartphone harus dijaga supaya tidak panas berlebih (overhead). Berikan jeda sejenak untuk smartphone, misalnya ketika bermain game, istirahat sejenak supaya tidak overhead.

5. Jangan Menyimpan di Saku yang Ketat atau tempat Sempit


Ketika smartphone dalam ruangan yang sempit dan terhimpit, hal ini akan memicu arus pendek. Sehingga dapat menyebabkan meledaknya smartphone.

Dikarenakan jarak antar komponen smartphone sangatlah dekat, apalagi smartphone terbaru yang memiliki body sangat tipis.

Meskipun smartphone telah dibekali perlindungan yang mumpuni, namun tidak ada salahnya untuk meminimalisir kemungkinan yang dapat terjadi.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Android Mengalami Brick

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah smartphone meledak.

Bukankah pepatah yang mengatakan "mencegah lebih baik daripada mengobati" itu benar? Jadi, sebelum smartphone meledak, yuk minimalisir dulu penyebabnya.