Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Unroot Smartphone Android dengan SuperSU, Magisk, dan KingRoot

 Cara Unroot Smartphone Android dengan SuperSU, Magisk, dan KingRoot

Setelah smartphone android di root, pengguna akan memiliki akses penuh untuk masuk ke dalam sistem.

Bahkan, pengguna dapat melakukan ROM Custom, atau membuat ROM sesuai dengan kehendak tersendiri.

Karena memang, tujuan dari dilakukan root pada smartphone adalah untuk membuka akses penuh pada smartphoe.

Meski begitu, terkadang pengguna juga ingin mengembalikan kondisi smartphone seperti sedia kala sebelum dilakukan root. Hal ini tentu saja dapat dilakukan, yaitu dengan cara unroot.

Unroot adalah kegiatan untuk menghilangkan root pada smartphone. Sehingga, smartphone yang sudah di root, dapat di unroot dan kondisinya akan kembali lagi seperti sedia kala sama seperti ketika belum di root.

Cara Unroot Smartphone Android Dengan Aplikasi Terpercaya


Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mendownload aplikasi yang diperlukan guna melakukan unroot. Ada aplikasi yang khusus yang untuk unroot, namun ada juga aplikasi smartphone yang bisa untuk root, dan dilengkapi juga dengan aplikasi bernama sama yang berfungsi untuk unroot.

Kali ini akan dibahas aplikasi yang dapat digunakan untuk unroot. Diantaranya SuperSU, Magisk, dan KingRoot. Bagaimana masing - masing ini dapat meng-unroot smartphone? Ikuti langkah - langkah di bawah ini!

1. Unroot Smartphone Android dengan SuperSU


SuperSU adalah tools untuk me-root android yang paling canggih di pasaran. Jika sebelumnya kamu melakukan root android dengan SuperSU, maka kamu juga dapat melakukan unroot dengan aplikasi SuperSU juga.

Download SuperSU

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan smartphone memiliki koneksi internet, kemudian buka aplikasi SuperSU.
  • Masuk ke menu Settings, kemudian cari pilihan Full Unroot, klik dan pilih Continue.
  • Selanjutnya pilih Yes, lalu pilih Yes kembali.
  • Tunggu proses "Uninstalling..." selesai, lalu smartphone akan restart otomatis.
  • Setelah proses restart selesai, install aplikasi Root Checker. Aplikasi ini hanya untuk memastikan apakah smartphone kamu telah benar - benar di unroot.
  • Jika sudah menyatakan smartphone telah di unroot, maka selesailah proses unroot dengan SuperSU.

2. Unroot Smartphone Android dengan Magisk


Aplikasi lain yang juga dapat digunakan untuk unroot smartphone android adalah Magisk. Bahkan, aplikasi ini dikatakan sangat mudah digunakan untuk proses unroot.

Download Magisk

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghapus root, kamu hanya tinggal memilih Uninstall saja.
  • Setelah pilih menu tersebut, kamu akan dihadapkan pada 3 pilihan. Yaitu Uninstall App yang berfungsi untuk menghapus root tapi tidak menghapus Module Magisk yang telah terpasang. Restore Image, yang berfungsi untuk mengembalikan berkas boot.img ke kondisi semula. Complete Uninstall, yaitu untuk menghapus keseluruhan Module / Root dan mengembalikan kondisi smartphone seperti sedia kala.
  • Selain itu, kamu juga dapat meng-unroot dengan cara mem-flashing berkas Magisk-uninstaller-20180222.zip - 3 MB (seperti metode Complete Uninstall) melalui TWRP untuk menghapus Magisk dan Root di smartphone android.
  • Dan proses unroot dengan Magisk selesai.

3. Unroot Smartphone Android dengan KingRoot


Kingroot juga merupakan aplikasi untuk melakukan root pada smartphone android. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk unroot.

Download KingRoot

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Jalankan aplikasi KingRoot. Lalu ketuk titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih Settings. Setelah itu, pilih Uninstall KingRoot.
  • Setelah itu, pilih Continue, dan klik OK.
  • Dan proses unroot dengan KingRoot selesai.

Proses unroot tentunya lebih mudah daripada proses root. Yang terpenting, gunakan aplikasi unroot yang sama dengan aplikasi root yang digunakan sebelumnya.