Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Smartphone Android

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Smartphone Android
Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Smartphone Android

Mediamanfaat.com - Masalah smartphone android tidak hanya karena masalah kerusakan software dan hardware saja. Tidak hanya berputar pada bootloop, brick, dan kerusakan lain. Tapi, tidak cukup ruang pada android juga menjadi masalah smartphone android.

Memang, hal tersebut bukanlah suatu kerusakan, namun sangat mengganggu pengguna smartphone.Apalagi ketika download aplikasi, muncul notifikasi "Tidak cukup ruang pada perangkat". Padahal memori internal masih memungkinkan untuk ditambah lagi.

Biasanya, masalah ini muncul pada smartphone android yang memiliki kapasitas memori kecil. Tidak peduli merk smartphone, baik itu Samsung, Oppo, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, Vivo, dan lainnya. Jika memang kapasitas memori kecil, tentu akan mengalami masalah seperti ini.

Baca juga: Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang

Penyebab kesalahan tidak cukup ruang pada perangkat android ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah terlalu banyak menginstall aplikasi. Dimana hal ini seringkali dilakukan terutama kamu yang suka mendownload game atau aplikasi lain yang dapat membuat memori internal penuh.

Penyebab lain adalah adanya cache file yang menumpuk. Cache file sementara ini yang membantu sistem untuk memuat file secara singkat, seperti foto di galeri, atau juga penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Cache yang rusak akan menyebabkan smartphone sering error dan memakan banyak memori smartphone. Sehingga penuh meskipun tidak menambah aplikasi.

Baca juga: 50 Masalah Umum Pada Smartphone Android Dan Cara Mengatasinya

Meski begitu, jangan khawatir. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan dan cara untuk mengatasinya. Begitu pula dengan masalah tidak cukup ruang pada smartphone android. Ada cara yang tepat untuk mengatasinya sebagai berikut ini.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Smartphone Android


1. Pindah Aplikasi ke Memori Eksternal / Micro SD


Sebab penuhnya memori internal dapat diatasi dengan memindahkah file atau aplikasi ke memori eksternal. Hal ini supaya kamu masih dapat menggunakan aplikasi yang telah diinstall tanpa harus menghapusnya, dan tetap ada ruang untuk aplikasi lain di smartphone.

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan (Setting). Kemudian, cari menu Penyimpanan (Storage). Kedua pilihan ini ada pada tab umum.

Setelah itu, scroll ke bawah kemudian pilih lokasi pemasangan yang disukai (Preffered Install Location), lalu pilih kartu SD (SD Card).

Kemudian, kembali lagi ke menu Pengaturan dan pilih Kelola Aplikasi (Manage Application). Pilih aplikasi mana yang akan dipindahkan, misalnya aplikasi Instagram, lalu pindah ke SD (Move to SD Card).

Dan proses selesai. Tanpa harus menghapus aplikasi dan tanpa harus menyita ruang, kamu tetap dapat menggunakan aplikasi tersebut.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan / Digunakan


Penyebab penuhnya memori internal adalah banyak aplikasi yang ada di smartphone android, bahkan aplikasi tersebut sangat jarang digunakan. Oleh karena itu, lebih baik jika aplikasi yang tidak digunakan tersebut dihapus saja dari smartphone.

Cara menghapusnya sangatlah mudah, kamu perlu menuju ke Pengaturan (Setting). Setelah itu, pilih Kelola Aplikasi (Manage Application). Setelah itu, klik aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih Copot Pemasangan (Uninstall).

3. Bersihkan Cache / Data Aplikasi


Meski tak tampak, cache sebenarnya menyumbangkan pengaruh besar untuk memakan banyak ruang penyimpanan, sehingga memori internal penuh meski tidak banyak aplikasi yang diinstall. Aplikasi yang seringkali memakai cache adalah Google Chrome, Opera Mini, Facebook, Line, Instagram, Twitter.

Cara untuk membersihkan cache adalah dengan membuka menu Pengaturan, kemudian pilih Kelola Aplikasi. Pada tab Diinstall (Downloaded), pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya, lalu tap Hapus Cache. Dan proses selesai.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Hp Android 100% Ampuh

Sekian artikel dari kami semoga dapat membantu kalian para pengguna smartphone yang mengalami masalah dengan hal tersebut. Melalui artikel tentang cara mengatasi tidak cukup ruang pada smartphone android ini kami mengulas tutorial lengkap yang dapat kalian coba lakukan sendiri. Terimakasih 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel