Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Menjaga Kondisi Laptop Agar Tetap Terawat

Tutorial Menjaga Kondisi Laptop Agar Tetap Terawat
Tutorial Menjaga Kondisi Laptop Agar Tetap Terawat

Laptop merupakan salahsatu barang yang saat ini sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang selain smartphone. Hal itu dikarenakan dengan adanya laptop maupun komputer pastinya akan memudahkan pekerjaan manusia.

Tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan orang kantoran saja, namun semua level usia juga membutuhkan yang namanya laptop apalagi yang masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa yang digunakan untuk membuat tugas yang didapatkannya.

Namun tidak semua orang mampu merawat laptop yang dipunyainya dengan baik yang dapat membuat laptop menjadi mudah cepat rusak. Bagi kamu yang ingin laptopmu tetap terawat, maka kamu bisa melihat beberapa tips atau tutorial dibawah ini.

Tutorial Menjaga Kondisi Laptop Agar Tetap Terawat


Menjaga barang yang dipunyainya merupakan hal yang wajib untuk dilakkukan karena jika barang yang dipunyainya itu rusak pastilah yang rugi akan diri sendiri. Terlebih laptop yang merupakan barang elektronik, pastilah kamu juga harus selalu menjaganya.

Untuk menjaga laptop sendiri supaya tetap terawat dan awet, kamu bisa melakukan berbagai hal. Beberapa diantaranya yaitu yang akan kamu ketahui dibawah ini.

1. Jangan Meletakkannya Diatas Benda Yang Menyerap Panas


Hindari Menaruh Barang Berat Diatas Laptop

Meletakkan laptop diatas benda yang menyerap panas merupakan hal yang sangat tidak bagus dan sebisa mungkin harus kamu hindari jika menginginkan laptopmu menjadi awet karena terawat dengan baik.

Mengapa sebisa mungkin dihindari? Karena seperti yang sudah kamu ketahui bahwa laptop itu mengeluarkan hawa panas. Nah, jika diletakkan di benda yang menyerap panas pastilah kondisinya akan menjadikannya semakin panas dan akan merusak laptopmu tersebut.

Dari semakin panas atau sering disebut overheat pastinya suhu dar hardwarenya akan sangat meningkat. Hal itu pastinya tidak bagus untuk diteruskan.

2. Hindari Menaruh Barang Berat Diatas Laptop


Menaruh barang berat diatas laptop merupakan hal yang tidak seharusnya kamu lakukan apalagi laptop series daily user yang notabennya sangat rentan mengalami kerusakan.

Bagi kamu yang menggunakan laptop yang series tidak mempunyai sertifikasi tahan banting atau lainnya, maka kamu harus sebisa mungkin tidak meletakkan barang tambahan diatas laptop karena pasti akan ada sesuatu yang tertekan dan pastinya tidak bagus untuk laptop.

Tidak hanya yang menggunakan laptop biasa. Bagi kamu yang menggunakan laptop yang sudah mengantongi sertifikasi tersebut juga seharusnya tidak mencobanya terlalu sering karena lama kelamaan juga hal tersebut bisa merusak laptop.

3. Menjauhkan Barang Cair Dari Laptop


Menjauhkan Barang Cair Dari Laptop

Selain kedua hal diatas, kamu juga jangan sekali-kali mendekatkan barang cair pada laptop karena itu sangatlah beresiko, terlebih bagi kamu yang mempunyai laptop jadul yang belum mengantongi sertifikasi anti air.

Hal itu dikarenakan laptop mempunyai hardware yang satu sama lain saling berhubungan. Nah, apabila barang cair tersebut tersenggol dan tumpah di laptopmu pastilah jika sampai masuk kedalam hardwarenya akan sangat beresiko membuat kerusakan didalamnya.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang menginginkan laptopmu awet, tahan lama, dan stabil maka sebisa mungkin kamu merawatnya dengan baik dengan tidak mendekatkan barang cair di laptop.

4. Jangan Mendownload dan Menginstall File Sembarangan


Jangan Mendownload dan Menginstall File Sembarangan di Laptop

Dunia internet memang cukup luas dan pastinya tidak hanya hal positif saja yang ada didalamnya, namun juga terdapat hal negatif yang pada akhirnya malah akan membuatmu menjadi rugi jika kamu tidak hati-hati.

Salahsatu negatifnya yaitu adanya segelintir oknum yang tidak bertanggungjawab yang menyelipkan berbagai file yang dapat merusak laptopmu entah secara pelan-pelan maupun langsung.

Pasti kamu pernahkan mendengar mengenai ransomeware, trojan, dan lain sebagainya? Nah, hal itu pasti sangat tidak diinginkan oleh semua orang yang ingin mendapatkan kenyamanan saat bermain laptop.

Sebenarnya hal tersebut salahsatu cara penyebarannya yaitu lewat disisipkan kedalam file-file. Nah, bagi kamu yang kurang cermat dan teledor, bisa saja kamu mendownload file di internet namun sumbernya kurang jelas dan akhirnya virus ataupun yang lainnya masuk kedalam komputermu.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin memperoleh kenyamanan saat menggunakan laptop maka kamu harus sebisa mungkin merawat laptop tersebut dengan mendownload file dan menginstall file dari sumber yang jelas dan terpercaya.

5. Hindari Penggunaan Laptop Terus Menerus


Laptop yang merupakan barang elektronik pastilah harus digunakan. Namun, untuk penggunaannya sendiri kamu juga harus memahami seberapa sering dan kerasnya kamu menggunakan laptop tersebut.

Bagi kamu yang ingin laptopnya terawat, maka sebisa mungkin kamu membatasi pemakaiannya. Misalkan kamu menggunakannya maksimal 10 jam tanpa henti, kemudian nanti kamu matikan beberapa menit atau jam supaya bisa digunakan kembali.

Hal itu dikarenakan hardware yang ada didalamnya juga butuh istirahat supaya bisa mengembalikan kondisinya menjadi lebih stabil. Jika digunakan terus menerus apalagi 24 jam nonstop pastinya hardwarenya akan panas dan akhirnya menjadi berkurang kondisinya.

Terlebih bagi kamu yang menggunakan laptop tersebut untuk keperluan bermain game, pastinya sudah berat kemudian ditambah tidak ada waktu istirahatnya. Pastilah laptop akan bekerja secara terus menerus tanpa henti.

6. Menggunakan Anti Gores Untuk Layar


Hindari Penggunaan Laptop Terus Menerus Agar Terawat

Saat kamu membeli sebuah laptop, sebisa mungkin kamu membelikan anti gores atau semacamnya untuk layar laptopmu. Hal itu berguna untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Misalkan saja kamu membawa layar ketempat yang sedikit ramai, nah secara tidak sengaja kamu menyenggol layarnya saat membawa kunci. Bisa jadi nantinya layar tersebut akan tergores yang menyebabkan kurang enak dipandangnya lagi layar dari laptop tersebut.

Oleh sebab itu, lebih baik kamu mengeluarkan budget lebih untuk membeli anti gores atau semacamnya di layar laptopmu tersebut daripada harus membeli layar baru yang harganya pasti jauh lebih besar dibandingkan anti gorenya.

Namun, hal yang harus kamu perhatikan yaitu jenis anti goresnya. Jangan sampai kamu menggunakan anti gores sembarangan yang bukannya malah melindungi, namun malah merusak layar laptopmu sendiri.

7. Hindari Penggunaan Laptop Dengan Kondisi Adaptor Tercolok


Jika kamu menginginkan laptopmu terawat dan awet, maka sebisa mungkin kamu hindari hal yang satu ini karena pastinya akan mempunyai dampak yang buruk yang lebih besar dibadingkan dampak positifnya.

Mungkin kamu akan mendapatkan dampak positif bisa menggunakan laptopnya sesuka hati dengan mudah tanpa harus kehabisan baterai. Namun, ternyata dengan melakukan hal tersebut malah dapat merusak baterai yang ada didalam laptop itu sendiri.

Banyak sekali kerugian yang akan kamu dapatkan jika keseringan melakukan hal tersebut. Meskipun kamu masih bisa melakukannya untuk kebutuhan mendesak dan penting saja, namun memang sebaiknya kamu hindari hal tersebut.

Merawat laptop supaya lebih terawat dan pastinya awet merupakan hal yang wajib kamu lakukan jika memang masih ingin laptop tersebut tahan lama. Namun, bagi kamu yang memang sukanya berganti-ganti laptop, maka semuanya kembali pada diri masing-masing.

Itulah artikel mengenai cara atau tutorial merawat laptop supaya lebih terawat. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai cara merawat laptop supaya lebih awet.