Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus

Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus
Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus

Laptop merupakan salah satu teknologi canggih yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Memiliki fungsi yang sama seperti komputer, laptop dapat digunakan lebih mudah karena bisa dibawa kemana-mana. Laptop memiliki banyak fungsi yang bisa kalian gunakan untuk aktivitas sehari-harinya. Kalian bisa mengetahui beragam informasi, berkomunikasi, bekerja di dunia maya, dan lain-lain.

Dalam laptop terdapat sebuah software sebagai tampilan yang bisa kalian lihat ketika sedang mengoperasikannya. Kalian bisa mengisi berbagai jenis file di dalam laptop kalian sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Beberapa software yang pasti ada pada laptop diantaranya adalah Microsoft, anti virus, dan lain-lain. Mereka memilih software sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Laptop kalian juga bisa mengalami kerusakan atau gangguan suatu saat, hal ini bisa dikarenakan kurangnya perawatan dari sisi hardware atau software. Biasanya ada penyerangan virus yang menyebabkan software pada laptop kalian rusak. Hal ini seringkali terjadi pada pengguna laptop, virus tersebut sangat menyebalkan dan dapat mengganggu kinerja kalian saat mengelola software di dalamnya.

Jenis-Jenis Virus di Laptop dan Cara Memperbaikinya


Jenis-Jenis Virus di Laptop dan Cara Memperbaikinya
Jenis-Jenis Virus di Laptop dan Cara Memperbaikinya

Ada banyak sekali jenis virus yang dapat menyerang laptop di dalamnya, berikut adalah beberapa jenis-jenis virus yang sering kita temui :

1. Trojan

Bagi pengguna komputer maupun laptop, pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan virus yang satu ini. Trojan merupakan salah satu virus berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada laptop atau komputer. Kemampuan dari virus ini mampu menyembunyikan dirinya di dalam suatu program tertentu. Virus ini mudah masuk ke berbagai perangkat tanpa diketahui oleh penggunanya dengan mudah.

2. Spyware

Salah satu jenis virus yang tak kalah asing lainnya adalah Spyware. Virus yang satu ini juga sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada laptop milik kalian. Virus ini memiliki kelebihan dapat menginstall dirinya sendiri tanpa diketahui oleh penggunanya. Kalian akan terkejut apabila ada aplikasi yang tidak diinstal muncul dengan sendirinya. Data-data yang menjadi korban akan mudah dihilangkan oleh jenis virus yang satu ini.

3. Worm

Jika kalian ingin tahu salah satu virus yang berbahaya pada laptop atau komputer, Worm adalah salah satunya. Jenis virus yang satu ini mampu menyebar ke seluruh perangkat komputer atau laptop tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. Jenis virus ini akan membuat kerusakan pada komputer dengan cepat. Jika tidak segera ditangani, laptop milik kalian akan mengalami kerusakan yang parah.

4. Macro Virus

Sesuai dengan namanya, target dari virus yang satu ini adalah menyerang file-file yang berbentuk makro. Beberapa file yang diserang diantaranya adalah .pps, .xls, dan .docm. Virus ini terkenal sangat berbahaya bila terdapat pada suatu laptop atau komputer. Kerusakan berbagai file penting bisa terjadi akibat virus yang satu ini. Kalian harus melakuka pencegahan segera mungkin.

5. Multipartite Virus

Virus yang tak kalah terkenal lainnya adalah Multipartite Virus. Jenis virus yang satu ini harus kalian waspadai bila terdapat pada perangkat laptop milik kalian. Virus ini bersembunyi di dalam RAM dan bisa menyebabkan data-data yang ada pada ruang penyimpanan hilang. Selain itu, virus ini juga bisa berpindah tempat ke Harddisk atau perangkat lainnya dengan mudah.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus


Cara Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus
Cara Memperbaiki Laptop Yang Terkena Virus

Setelah kalian tahu mengenai jenis-jenis virus yang sering menyerang komputer atau laptop. Kalian harus bisa menanganinya juga, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki laptop yang terkena serangan virus!

1. Menggunakan Comand Prompt


Tips menghilangkan virus yang pertama adalah dengan menggunakan Comand Prompt. Tips yang stau ini merupakan salah satu cara yang paling alternatif dan sering dilakukan oleh banyak orang untuk menangani virus yang muncul pada perangkat laptop atau komputer. Comand Prompt sudah ada di setiap perangkat laptop atau komputer, dimana kalian bisa mengetes virus dan mencegahnya.

Untuk melakukannya sangat mudah, kalian tinggal masuk ke dalam cmd. Kemudian cari file yang akan diperiksa oleh kalian. apakah file tersebut terinfeksi oleh serangan virus atau tidak. Kalian tinggal menuliskan kode di dalam cmd, sesuai dengan apa yang kalian ingin cari. Jika berhasil, pastinya akan ada tanda khusus bahwa virus yang ada pada komputer kalian bisa hilang seketika.

2. Melalui Task Manager


Tips menghilangkan virus menggunakan command prompt

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan virus pada perangkat laptop kalian adalah melalui task manager. Kalian tinggal membuka task manager pada perangkat laptop, disitu kalian bisa melihat apakah ada layanan yang mencurigakan atau tidak. Jika kalian mengetahui beberapa hal yang mencurigakan, langsung saja matikan laptop kalian supaya virus yang ada di dalamnya hilang.

3. Format Partisi


Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi virus pada laptop kalian adalah menformat partisi. Cari partisi yang terkena virus, kemudian format partisi tersebut. Virus ini seringkali ditemukan ketika kalian menggunakan flashdisk, biasanya file-file yang ada pada flashdisk hilang seketika karena disembunyikan oleh virus. Dengan menghapus partisi yang terduga virus, file-file yang ada di dalamnya akan muncul kembali.

4. Menggunakan Anti Virus


Tips Menggunakan Anti Virus Pada Laptop

Salah satu cara yang paling ampuh digunakan untuk mengatasi virus berbahaya pada perangkat laptop anda adalah menggunakan antivirus. Ada banyak sekali aplikasi anti virus yang bisa kalian gunakan seperti Smadav, Avast, dan lain-lain. Setiap anti virus yang digunakan memiliki kelebihan tersendiri. Dengan menggunakan antivitus, pastinya berbagai jenis virus yang ada pada laptop kalian akan hilang seketika.

Seperti halnya kalian menggunakan Smadav, anti virus yang satu ini bisa kalian gunakan untuk mengatasi berbagai jenis virus. Baik virus lokal maupun internasional, semua jenis virus dapat ditangani dengan menggunakan antivirus yang satu ini. Hampir setiap laptop atau komputer pastinya memiliki antivirus Smadav karena sudah terbukti memberikan reaksi yang ampuh dalam menghilangkan virus.

Disisi lain, ada juga Avast yang merupakan salah satu aplikasi untuk meretas berbagai jenis virus yang ada di dalam laptop ataupun komputer. Anti virus yang satu ini dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi seperti MacOS, Android, Windows, dan lain-lain. Avast sudah terbukti memberikan hasil yang baik dalam memusnahkan berbagai virus yang menyerang laptop.

5. Install Ulang


Jika beberapa cara di atas sudah tidak mempan untuk membasmi virus berbahaya pada laptop atau komputer kalian. Gunakan cara terakhir yang satu ini yaitu menginstall ulang windows kalian. Biasanya efek dari virus yang terjadi berdampak sangat besar dan membuat laptop kalian rusak.

Supaya tidak terlanjut parah, kalian bisa melakukan install ulang windows pada laptop kalian. Sebelum melakukannya, kalian harus melakukan back up data terlebih dahulu supaya berbagai file penting yang ada pada laptop kalian tidak hilang.

Itulah beberapa tutorial memperbaiki laptop yang terkena virus, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.