Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Instal OS Linux Di PC Atau Laptop Terlengkap

Tutorial Instal OS Linux Di PC Atau Laptop Terlengkap
Tutorial Instal OS Linux Di PC Atau Laptop Terlengkap

Mediamanfaat.com - Sistem operasi merupakan salahsatu hal yang paling penting disebuah gadget, karena dengan adanya sistem operasi maka gadget itu menjadi lebih terisi dan dapat lebih memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal didalamnya.

Saat ini terdapat beberapa sistem operasi yang beredar, seperti windows, mac os, dan lain sebagainya. Tapi apakah kamu pernah dengar mengenai sistem operasi linux? Jika kamu saat ini belum pernah mendengarnya mungkin kamu sedang gaptek saat ini.

Padahal sistem operasi linux saat ini sedang trend dan banyak yang mulai menggunakannya. Hal itu dikarenakan terdapat berbagai jenis atau versi dari sistem operasi linux yang membuat kamu tidak bosan dengan bentuk dan isiannya.

Nah, apabila kamu sudah tau dan penasaran serta ingin mencoba sistem operasi yang satu ini, kamu bisa melihat tahapan cara instal os linuxnya dibawah ini.

Tutorial Instal OS Linux Di PC Atau Laptop Lengkap


Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa sistem operasi linux ini mempunyai beragam jenis yang bisa kamu pilih, jadi jika kamu ingin melakukan penginstallan sistem operasi windows, kamu juga harus mencari tau versi linux yang seperti apa yang ingin kamu install.

Hal itu dikarenakan terkadang setiap versi mempunyai spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk bisa menginstallnya. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba versi linux yang sering digunakan daily user maka kamu bisa mengggunakan yang ubuntu.

Nah tutorial kali ini akan kami memberikan kamu tutorial bagaimana cara menginstall linux dengan versi ubuntu yang terbaru.

Apa Spesifikasi Minimum Laptop / Komputer Yang Di Butuhkan?


Untuk spesifikasi minimum yang direkomendasikan bagi yang ingin menginstall linux ubuntu ini yaitu :
  • 700 Mhz x86 processore
  • 384 MB ram yang pastinya untuk saat ini ramnya sudah cukup mumpuni semua karena sudah dalam bentuk bergiga-gia.
  • 8GB disk space, kamu juga harus memberikan ruang yang lega pada local disk atau memorimu minimum 8GB. Bagi yang memorinya tinggal sedikit, kamu bisa memindahkan data terlebih dahulu supaya prosesnya berjalan dengan lancar.
  • Graphic card yang beresolusi 1024x768

Spesifikasi yang disebutkan tersebut merupakan spesifikasi yang seharusnya menjadi patokan saat menginstall linux ubuntu ini. Bagi kamu yang mempunyai spesifikasi yang lebih rendah maka akan jauh lebih bagus.

Bagi kamu yang spesifikasinya berada dibawah yang telah disebutkan tadi sebenarnya masih bisa melakukan penginstallan, namun pastinya akan sedikit tersendat dan bisa jadi setelah dijalankan malah laptopmu mengalami hang karena tidak kuat menjalankan sistem operasi ini.

Apa Saja Sih Yang Harus Disiapkan Sebelum Menginstall Linux?


Sebelum menginstall linux pastinya kamu harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu yang dibutuhkan dalam proses penginstallan. Beberapa diantaranya yaitu :
  • Flashdisk kosong minimal 4GB, untuk yang satu ini bersifat relatif namun pastinya lebih besar lebih baik kapasitasnya.
  • Daya baterai laptop memenuhi, namun kamu juga bisa dengan melakukan pemasangan charger saat proses penginstallan.
  • Mendownload software bootable linux ubuntu lewat website reminya
  • Mendownload software pembuat bootable USB seperti Rufus, dll.
  • Camilan, karena proses penginstallan pastinya membutuhkan waktu yang lebih.

Bagaimana Sih Tahapan Dalam Menginstall Linux?


Nah, setelah kamu menyiapkan beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, maka kamu bisa langsung melakukan proses untuk memulai penginstallan linux. Namun, sebelum masuk kesitu kamu harus membuat bootablenya terlebih dahulu.

A. Membuat Usb Bootable Linux Ubuntu


1. Buka Aplikasi Rufus

Kamu bisa langsung membuka aplikasi rufus atau alat pembuat bootable lainnya. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan rufus saja.

2. Tancapkan Flashdisk Ke Laptop/PC

Kamu bisa langsung menancapkan flashdisk yang telah kamu siapkan sebelumnya ke laptop ataupun PC yang kamu punyai. Pastikan data yang ada di dalam flashdisknya sudah dipindah karena flashdisk akan otomatis terformat.

3. Klik Tombol Select Pada Aplikasi

Saat aplikasi rufus telah terbuka, kamu bisa menekan tombol select dibagian atas sebelah boot selection. Kemudian arahkan ke file iso atau downloadan linux ubuntu tadi. Jika sudah, kamu tinggal klik tombol open.

4. Mulai Proses Pembuatannya

Jika kamu berhasil memilih filenya, maka nanti statusnya akan berubah menjadi ready yang menandakan prosesnya bisa dilanjutkan. Kamu hanya tinggal klik start dan tunggu hingga prosesnya selesai.

B. Melakukan Penginstallan


Setelah kamu mempunyai usb bootablenya, kini saatnya kamu melakukan penginstallan ke laptop atau komputermu. Caranya yaitu :

1. Masuk ke BIOS

Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal mematikan laptop atau komputermu terlebih dahulu. Kemudian nyalakan kembali, namun saat sudah mulai menyala kami tekan tombol F2, F12, atau Esc. Disetiap komputer berbeda-beda, maka kamu bisa mencobanya diantara ketiganya.

2. Rubah Settingan Boot

Jika sudah masuk ke BIOS yang ditandai dengan layar warna biru, kamu tinggal arahkan ke bagian menu Boot. Nantinya akan ada beberapa pilihan, nah pada boot option #1 atau yang pada intinya menjadi boot pertama, kamu pindahkan menjadi flashdisk yang kamu tancapkan tadi.

Setelah selesai, kamu tinggal klik save and exit pada opsi yang tersedia atau kamu bisa menekan tombol F10 pada keyboardmu. Nantinya laptop atatu komputermu akan otomatis restart dan menyala kembali.

Jika settinganmu berhasil, maka nanti akan muncul tulisan ubuntu dengan background berwarna ungu gelap. Kamu tinggal tunggu saja hingga muncul tampilan yang berbeda setelahnya.

3.  Pilih Install Ubuntu

Nah, jika proses sebelumnya telah selesai nantinya akan ada dua pilihan yang ditampilkan yaitu try ubuntu dan install ubuntu. Jika kamu memilih try ubuntu maka kamu hanya akan mencoba linux ubuntunya saja alias hanya sementara.

Namun, bagi kamu yang memang ingin digunakan secara langsung kedalam laptop maka pilih yang bertuliskan install ubuntu.

4. Pilih Pilihan dan Lanjutkan

Setelah kamu klik pada tahap sebelumnya, nanti akan muncul tampilan baru yang berisi pilihan apakah kamu ingin melakukan pencentangan download aplikasi atau update.

Bagi kamu yang mempunyai koneksi wifi yang lumayan, maka centang saja keduanya. Namun jika tidak, maka lupakan centangnya dan klik continue.

5. Setting Lokasi Penginstallan

Kemudian kamu pilih yang bertuliskan something else saja supaya bisa kamu custom sendiri. Kemudian pada disknya, kamu pilih yang ingin kamu jadikan tempat. Apabila baru, maka kamu pilih saja kemudian tekan new partition table dan klik continue.

Nah, kamu pilih kembali disk partition yang kamu buat kemudian tekan tombol + dibagian kiri bawah. Kamu bisa mengulanginya dua kali dengan settingan sebagai berikut :
  • Primary dengan size sesukamu tapi disarankan diisi 2048, kemudian pilih beginning of this space dan pada use as pilih swap area
  • Logical dan untuk sizenya jika kamu ingin menggunakan seluruhnya maka tidak usah diganti. Pilih beginning of this space dan use as menjadi ext4 journalling file system dan pilih mount pointnya menjadi /.

6. Proses Instalasi

Setelah selesai kamu tinggal klik install now dan ikuti proses selanjutnya menyesuaikan yang kamu inginkan.

Nah, Itulah artikel mengenai cara instal os linux di pc atau laptop paling lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang ingin mencoba menggunakan os linux khususnya ubuntu. Terimakasih