Cara Jitu Mempercepat Charging Ponsel Android

Cara Jitu Mempercepat Charging Ponsel Android
Cara Jitu Mempercepat Charging Ponsel Android

Hallo sahabat android, masih bersama dengan kami disini untuk membahas informasi keren yang berhubungan dengan tips dan trik ponsel android. Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan membahas tips jitu mempercepat proses charging ponsel android, yang mungkin biasanya memakan waktu 2 jam lebih menjadi lebih cepat, setidaknya 1 jam lebih sudah terisi 100%. 

Tutorial ini berlaku untuk ponsel yang memiliki kapasitas baterai antara 3000 mAh – 5000 mAh. Meskipun tutorial ini sudah banyak di internet, tidak semua pengguna ponsel bisa mempraktekkannya dengan mudah, karena mungkin penjelasan yang diberikan kurang mendetail atau tidak lengkap. 

Nah, coba anda pahami dengan baik tutorial yang akan kami berikan dibawah ini, semoga bisa diterapkan langsung pada ponsel android kesayangan anda. Perlu di ingat lagi, kalau tips ini tidak membutuhkan aplikasi atau tools tambahan selain charger ponsel asli dan stop kontak atau daya listrik.

Namun, sebelum kami menjelaskan secara rinci seperti apa cara jitu mempercepat charging ponsel android. Ada baiknya anda simak baik-baik penyebab baterai ponsel selalu boros sepanjang waktu. Baik 1 – 2 jam saja sudah harus mengisi lagi. Penasaran seperti apa ? Silahkan simak dibawah ini.

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis Atau Boros


Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis Atau Boros

  • Menonton video : Salah satu penyebab yang membuat kapasitas baterai anda lekas habis karena terlalu sering dipakai untuk menonton video seperti youtube atau film dengan durasi yang panjang. Paling panjang biasanya 2 jam lebih, aktivitas seperti inilah yang membuat kapasitas daya baterai anda lebih cepat habis.
  • Koneksi internet 4G : Perlu juga untuk anda ketahui, koneksi internet seperti 4G ternyata membutuhkan daya yang besar agar jaringan bisa stabil. Berbeda dengan koneksi H+ atau jaringan 3G yang tidak membutuhkan kapasitas daya yang besar.
  • Baterai sering drop : Pengalaman dari kami, memakai hp hingga baterai drop atau habis total lalu mati, ini bisa menyebabkan penurunan masa pakai baterai. Sehingga baterai tidak bisa normal kembali, masalah seperti ini seringkali dialami pengguna ponsel yang memakai handphone tanpa memikirkan kapasitas baterai sudah mencapai 15% atau belum.
  • Untuk bermain games : Penyebab paling umum baterai ponsel cepat habis karena seringkali dipakai untuk bermain games tanpa henti. Minimal bermain games dalam 1 hari bisa mencapai 2 jam lebih. Itulah yang menyebabkan baterai lekas habis, apalagi games yang anda mainkan membutuhkan render grafis yang tinggi, sehingga GPU juga lebih keras untuk bekerja.

Nah, dari beberapa penyebab baterai lekas habis diatas, tidak mengherankan kalau anda selalu colak colok ponsel ke charger untuk dicas. Padahal mencharging ponsel membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya kalau dalam kondisi normal bisa lebih dari 2 jaman. 

Tenang saja, kami memiliki cara cepat agar proses pengisian baterai tidak memakan waktu yang lama. Penasaran ? Yuk simak langsung penjelasannya dibawah ini. 

Tips Charging Ponsel Dengan Cara Yang Cepat 100% Ampuh


Tips Charging Ponsel Dengan Cara Yang Cepat 100% Ampuh

1. Gunakan Fash Charging

Salah satu cara terbaik yang bisa kami sarankan untuk anda adalah memakai fash charging yang biasanya di jual di konter-konter, harganya terbilang sedikit mahal sekitar 100 ribu keatas. Manfaat dari fash charging ini membuat pengisian daya lebih cepat dibandingkan charger bawaan. 

Hanya saja, anda harus bisa mencari fash charging yang benar-benar aman dan resmi khusus untuk merk ponsel anda. Perbedaan dari fash charging dengan charger biasa terletak dari daya volt yang dimasukkan ke dalam baterai, sehingga lebih cepat beberapa menit.

2. Hindari Penggunaan Power Bank Abal-abal

Melakukan charging dengan powebank memang tidak disarankan karena arus daya yang dialirkan belum tentu benar-benar stabil. Besar kemungkinan, penggunaan powerbank ini memiliki banyak dampak negatif. selain merusak komponen atau sirkuit baterai itu sendiri, penggunaan powebank juga memperlambat pengisian baterai. 

Hal ini terjadi karena arus yang dialirkan tidak sama besarnya dengan kapasitas yang ada. Contoh, anda memiliki powebank dengan kapasitas 10.000 maH sedangkan baterai anda memiliki kapasitas 4500 mAh. Maka arus yang dialirkan cukup kecil, sehingga pengisian menjadi lama.

3. Matikan Data Koneksi Internet

Salah satu cara terbaik yang ketiga adalah mematikan data koneksi internet yang terkadang membuat pengisian daya anda menjadi lama. Ini menjadi bukti kuat kalau internet benar-benar cukup menguras penggunaan baterai anda sehari-hari. 

Ada baiknya kalau anda matikan terlebih dahulu koneksi internet dan kemudian pasang charging. Tunggu sekitar 1 jam lebih saja , biasanya baterai akan lekas penuh. Ini sudah banyak dibuktikan oleh para pengguna ponsel android dan berhasil 100%.

4. Matikan Ponsel atau Memakai Mode Air Plane

Cara lain yanag bisa anda lakukan adalah dengan mematikan ponsel dan memakai mode air plane. Mode air plane ini akan mematikan semua jaringan baik koneksi dan sinyal provider anda. Sehingga tidak ada aktvitas apapun yang ada di ponsel anda, kemungkinan hanya layar atapun interface yang beroperasi. 

Tetapi lebih bagusnya kalau anda matikan saja ponsel, jadi pengisian daya benar-benar fokus ke dalam baterai dan tidak menyebar untuk dipakai aktivitas lainnya. Ponsel yang dimatikan secara otomatis mematikan semua kinerja perangkat, coba bandingkan saja ketika anda mengisi daya dengan kondisi hp menyala dan mati, kami yakin akan lebih cepat yang dimatikan. 

5. Gunakan Charger Asli

Tips berikutnya, jangan pernah memakai charger palsu atau abal-abal baik itu kepala charger maupun kabel USB yang anda gunakan. Lebih baik memakai charger bawaan yang asli saja, karena setiap produsen ponsel sudah menakar daya alir listrik ke dalam baterai sehingga tidak memakan banyak energi. 

Kalau anda memakai charger abal-abal, besar kemungkinan bisa merusak sirkuit baterai ataupun membuat kondisi suhu baterai meningkat. Skenario terburuknya, ponsel anda bisa meledak dengan cepat karena suhu yang tinggi.

6. Hindari Bermain Games Sambil Dicharging

Terakhir dari kami, tips yang bisa anda lakukan untuk mempercepat pengisian daya atau proses charging pada ponsel adalah menghindari bermain games ketika ponsel dengan dalam kondisi di charging. Kondisi seperti ini yang membuat ponsel lebih lama terisi penuh, hingga pada akhirnya arus daya yang masuk harus dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama untuk baterai dan separuh untuk bermain anda. Tidak disarankan untuk memakai ponsel dalam kondisi yang sedang dicharging, baik itu menonton film atau bermain games. 

Nah sampai disini dulu informasi dari kami, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Karena sebenarnya, sudah banyak informasi umum seperti ini di internet dan kami hanya sekedar melengkapinya saja. Semoga bermanfaat dan silahkan langsung saja dicoba. Terimakasih dan jangan lupa bagikan konten ini jika bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel