Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Download Game Flash Melalui Internet

Cara Download Game Flash Melalui Internet
Cara Download Game Flash Melalui Internet

Memang kadang-kadang kamu tertarik pada file flash yang sudah dipasang di sebuah website atau blog tapi kita tidak tahu bagaimana caranya untuk mengambilnya. Jika kamu tidak tahu caranya maka sampai kapan pun file flash itu tidak akan dapat kamu download. Padahal sebenarnya untuk dapat mengetahui bagaimana cara download game flash di internet caranya sangat mudah.

Kalau kamu tidak tahu trik nya, maka mengambil file flash di internet tidak hanya cukup dengan mengandalkan aplikasi download seperti layaknya IDM. Setelah itu aplikasi IDM juga tidak dengan otomatis langsung memunculkan tombol download nya saat kamu sedang mengunjungi website yang menampilkan sebuah atau file flash tersebut. Lalu bagaimana caranya?

Cara Download Game Flash Tanpa Aplikasi Khusus


Ada cara memang untuk mengambil file flash ekstensi .swf di internet sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan software atau aplikasi khusus. Modal yang paling utama adalah kamu cukup mengandalkan browser yang digunakan seperti Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Safari, dan lain sebagainya. Pada tulisan ini penulis akan memberikan informasi cara download game flash dengan Google Chrome.

1. Langkah yang pertama yang bisa kamu praktikkan adalah tentunya kamu telah memiliki sebuah website yang ingin diambil file flashnya. Kemudian di sini juga kamu harus menggunakan browser Google Chrome.

2. Misalnya kamu mempunyai satu website yang mempunyai isi terdiri dari kumpulan file-file flash ekstensi .swf. Tepatnya website in akan menyediakan beragam permainan (game) online dengan format flash. Website yang telah dimaksud oleh penulis adalah www.friv.com.

3. Jika kamu telah masuk ke halaman website yang akan diambil file flash nya, silahkan kamu klik pilih View site information setelah itu klik details.

4. Di sini kamu hanya perlu untuk memilih tab Elements, karena nantinya secara otomatis akan masuk ke dalam tab Security dan tidak lagi perlu dengan tab tersebut.

5. Adapun memang tujuan masuk ke tab Elements adalah untuk bisa mengetahui seluruh struktur kode yang ada di website yang dikunjungi dimana dalam hal ini kita mencari-mencari file ekstensi .swf.

6. Nah, untuk mempercepat prosesnya kamu bisa menggunakan fitur Find dengan cara tekan Ctrl+F pada keyboard.

7. Silahkan ketik .swf pada kolom pencarian dan kemudian Enter.

8. Pada sisi ini kamu akan menemukan banyak sekali kode yang bertuliskan .swf, tapi jangan sampai salah. Yang kamu perlukan sebenarnya adalah .swf yang terdapat di dalam script embed.

9. Jika telah dilakukan seperti yang penulis contohkan di atas, maka kemudian silahkan kamu salin (copy) link URL yang ada file dengan akhiran .swf dengan cara kamu bisa mengklik ganda pada link lalu blok, setelah itu bisa klik kanan dan Copy.

10. Setelah itu kamu buka tab baru pada browser Google Chrome kemudian Paste link URL .swf tersebut dan kemudian Enter. Kamu bisa menunggu beberapa saat sampai browser Chrome memuat halaman dengan sangat sempurna.

11. Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengambil atau download file flash. Caranya adalah silahkan klik pilih tombol Customize Chrome yang ada di sudut kanan atas.

12. Setelah itu klik pilih More tools > Save page as. Kini browser kamu sedang mendownload file flash dan harap menunggu sampai dengan prosesnya tersebut hingga selesai dengan sempurna.


Di atas adalah cara download game flash, setelah menyelesaikan langkah demi langkah maka kamu telah mempunyai file flash ekstensi .swf yang tersimpan di komputer. Nanti jika kamu ingin menjalankan file flash itu lagi maka kamu tidak perlu terkoneksi dengan internet lagi. Namun kamu juga harus memastikan jika komputer sudah dapat menjalankan file flash.