Cara Mudah Optimasi SEO Pada Website Baru

Cara Mudah Optimasi SEO Pada Website Baru
Cara Mudah Optimasi SEO Pada Website Baru

Banyak blogger atau pakar SEO berpendapat bahwa content is king, dalam bahasa Indonesia berarti konten adalah raja.

Pendapat ini membuat banyak orang mencoba untuk mengoptimalkan konten blog agar sesuai dengan SEO pada umumnya.

Waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada saat membuat konten tersebut, meski dibeberapa kesempatan konten lama juga harus dioptimasi kembali.

Konten SEO berpengaruh dalam upaya untuk membuat blog berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung akan lebih besar.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan konten blog Anda. Pada artikel ini, akan disajikan beberapa tips optimasi seo pada artikel blog, sehingga konten yang dibuat bisa bersaing dengan konten dari blog lain.

Tips Membuat Konten SEO Untuk Meningkatkan Pengunjung 

 


1. Melakukan Riset Kata Kunci 

Untuk bisa membuat konten berstandar SEO, melakukan riset kata kunci menjadi hal yang perlu dilakukan.

Hal ini berguna untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari oleh pembaca. Sebagian pemula banyak melakukan kesalahan dengan membuat konten hanya dengan menebak-nebak kata kunci saja.

Ketika melakukan riset, kata kunci yang akan didapatkan akan sesuai dengan data yang berasal dari mesin pencari. Ini juga banyak dilakukan oleh pakar SEO dan blogger-blogger berpengalaman.

Melakukan riset sebelum membuat konten juga membantu agar tidak merasa kehabisan ide. Beberapa tools premium sangat direkomendasikan untuk mencari kata kunci seperti SEMRush, Ahrefs, dan lain sebagainya. Tools ini berguna untuk melihat tingkat pencarian hingga analisa pesaing.

2. Temukan Kata Kunci Utama dan Yang Terkait 

Setelah mendapatkan kata kunci, langkah selanjutnya adalah memilih kata kunci dengan jumlah pencarian tinggi namun persaingannya rendah.

Kata kunci ini akan digunakan sebagai kata kunci utama dari artikel yang akan dibuat. Kemudian tentukan Latent Semantic Indexing (LSI), ini merupakan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama tadi.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama dengan menggunakan tools premium. Langkah yang harus dilakukan adalah hanya perlu memasukkan kata kunci utama kemudian akan muncul kata kunci yang berkaitan. Lokasinya bergantung pada tools premium yang digunakan.

Untuk yang kedua bisa menggunakan Google, masukkan kata kunci dibagia pencarian, otomatis akan ada banyak keyword terkait yang muncul. Masukkan kata kunci tersebut menyebar di seluruh isi konten.

3. Tulis Judul Posting Blog yang Efektif 

Penulisan judul sangat penting dalam persaingan di mesin pencari. Judul yang baik membuat konten akan mudah ditemukan oleh pembaca. Selain itu, penulisan judul juga mempengaruhi agar pembaca mau mengklik konten yang telah dibuat.

Judul yang baik adalah judul yang mencantumkan kata kunci utamanya. Sangat disarankan untuk membuat judul yang menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengklik.

Teknik penulisan judul harus benar-benar dipelajari karena tidak sekedar menambahkan kata kunci pada judul konten.

4. Membuat Internal Link 

Saat blog sudah terisi banyak konten yang memiliki kata kunci yang berkaitan, langkah selanjutnya adalah membuat internal link. Dengan ini, pembaca akan disuguhkan konten lain yang akan membuat mereka penasaran.

Cara ini juga berguna agar konten yang kurang besaing di mesin pencari bisa mendapatkan pembaca. Buat internal link secara manual karena lebih efektif dan akurat. Internal link juga menjadi salah satu ciri dari konten SEO.

5. Tambahkan Gambar dan Video ke Posting Blog Anda 

Mesin pencari sepeti Google ternyata menyukai konten yang memiliki gambar. Konten seperti ini tidak akan membuat pembaca merasa bosan, gambar juga akan membuat konten semakin interaktif.

Namun harus diperhatikan, gambar yang digunakan harus bebas hak cipta. Penggunaan gambar berhak cipta bisa membuat blog deindex karena pelaporan dari pemilik gambar.

Tak perlu khawatir, ada beberapa website yang menyediakan gambar secara gratis dengan kualitas yang bagus.

Jika memiliki keahlian atau tim yang mahir dalam hal desain, buatlah gambar unik untuk konten tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel