Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC

Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC
Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC 

Seringkali kita kebingungan ketika hendak mengirimkan informasi baik ke clien atapun teman yang membutuhkan informasi tertentu lewat laptop atau pc kita, sedangkan data yang hendak dikirimkan tidak bisa di download maupun di copy paste, akhirnya cara yang paling gampang adalah dengan metode screen shot atau tangkapan layar.

Metode seperti ini dirasa jauh lebih ringkas dan cepat karena tidak membutuhkan banyak proses untuk menyalin data yang ada, hanya saja untuk menangkap layar pada laptop atau pc dibutuhkan cara juga agar hasil tangkapan benar-benar rapi dengan reolusi yang tinggi juga.

Penasaran seperti apa cara mengambil tangkapan layar atau screenshoot di layar laptop atau layar PC. Silahkan simak informasinya dibawah ini.

Fungsi dari Sceenshot 


Fungsi dari megambil cuplikan layar ini jelas sebagai bentuk untuk menyimpan data yang tidak bisa di unduh maupun sulit untuk di copy paste, tujuannya adalah bisa dikirimkan ke kerabat ataupun sebagai keperluan pribadi.

Screenshot sendiri juga bermanfaat terutama ingin mengerjakan sesuatu agar data tidak mudah hilang maka disimpan dalam bentuk model gambar, cara semacam ini tentunya berlaku juga untuk anda pengguna ponsel pintar.

Metode screenshot ponsel dengan laptop/pc jelas berbeda, maka dari itu kami buatkan tutorial untuk anda pengguna PC agar bisa mengambil cuplikan layar yang dianggap penting.


Cara Mudah Screenshot layar Laptop atau PC 


#Pakai Tombol PrtSc 

Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC 


Cara pertama yang mungkin belum pernah anda ketahui bahwa mengambil layar pada laptop atau PC itu cukup memakai tombol PrtSc yang ada di pojok kanan dari keyboard anda.

Namun dibutuhkan kombinasi dari tombol lain agar tombol ini dapat bekerja, caranya adalah dengan dengan menekan tombol FN + PrtSC secara bersamaan pada layar Laptop yang hendak di simpan gambarnya.

Selanjutnya anda bisa mengecek hasil tangkapan layar tadi di folder picture – Screenshot. Nah disitulah letak tangkapan layar anda tadi.

Sekarang anda bisa memakainya sesuai dengan keperluan, untuk proses editnya sendiri mudah misal mau di potong pada bagian tertentu.

Klik kanan pada gambar hasil screenshot – Edit Pain – Nah potong deh. selesai.

#Pakai tombol Kombinasi Windows + Shift + S 


Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC 

Kemudian cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot pada laptop atau pc adalah dengan kombinasi windows + shift + s.

Kombinasi ini bisa dipakai untuk mengambil layar, nah seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya kalau hasil tangkapan ini pastinya menyeluruh semuanya.

Jadi anda bisa mengeditnya lewat paint, dengan cara potong atau di sesuaikan dahulu pada bagian yang penting, lalu klik save. selesai.

#Pakai aplikasi Bandicam 

Tutorial Cara Screenshot Tangkapan Layar di Laptop atau PC 


Cara terakhir untuk melakukan screenshot di layar laptop atau komputer, anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga dengan nama aplikasi Bandicam. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis di internet dengan mengetik pada penelusuran “ bandicam aplikasi “.

Silahkan download dan instal seperti aplikasi pada umumnya, setelah itu cobalah untuk mengaplikasikannya dengan menangkap layar pada laptop atau pc anda.

Nah itulah cara mudah untuk menangkap layar pada pc atau komputer anda, semoga cara ini bisa bermanfaat untuk kita semua terlebih untuk anda yang memang membutuhkan data-data penting tetapi sulit untuk di download. sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel