Tips Maksimalkan Kamera Smartphone tanpa Harus Memiliki 3 Lensa

Tips Maksimalkan Kamera Smartphone tanpa Harus Memiliki 3 Lensa
Kamera Smartphone 3 Lensa. Sumber: dpreview.com

Jika diperhatikan, smartphone keluaran terbaru semakin banyak memiliki kamera belakang. Mulai yang dulunya hanya satu kamera, kemudian dua kamera, dan kini tiga kamera belakang sekaligus. Belum lagi kamera depan smartphone.

Padahal, sebanyak apapun lensa yang ada pada smartphone belum tentu menghasilkan kualitas foto yang bagus. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas foto. Karena tujuan utama berfoto adalah untuk mendapatkan kualitas foto yang baik.

Untuk kamu yang memiliki smartphone yang bahkan hanya dengan satu lensa, jangan khawatir. Karena kamu dapat memaksimalkan kamera smartphone tanpa harus memiliki 3 lensa hanya dengan fitur yang ada pada kamera.

Cara Manfaatkan Fitur Kamera Smartphone Dengan Hasil yang Memuaskan


Tips Maksimalkan Kamera Smartphone tanpa Harus Memiliki 3 Lensa
Kamera Smartphone 3 Lensa. Sumber: tomsguide.com

Inilah tips memaksimalkan kamera smartphone tanpa harus memiliki 3 lensa hanya dengan fitur sederhana:

1. Optical Image Stabilization (OIS)

Untuk memaksimalkan kamera smartphone, kamera kamu harus memiliki Optical Image Stabilitzaion (OIS). Fitur OIS ini membuat hasil jepretan lebih stabil dan meminimalkan efek guncangan pada foto. Rata – rata smartphone flagship telah dilengkapi dengan fitur OIS ini. Sehingga, kamera lebih maksimal dengan hasil gambar yang mulus.

2. Optical Zoom

Fitur yang harus ada dalam kamera supaya memaksimalkan hasil gambar adalah fitur untuk optical zoom. Saat ini, smartphone keluaran baru tanpa 3 lensa pun menawarkan fitur zoom hingga berpuluh kali lipat. Sehingga, hasil jepretan terlihat sangat jelas meskipun telah di zoom.

3. Autofocus

Selain zoom, autofocus juga sangat penting dimiliki untuk memaksimalkan kamera smartphone meskipun tidak memiliki 3 lensa. Dan fitur ini sudah ada di banyak kamera smartphone. Umumnya, autofocus terdiri dari 3 jenis. Yang pertama adalah contrast detection autofocus, yang mengatur banyaknya cahaya dan gelap yang terdapat pada foto.

Yang kedua ada laser autofocus, yang cocok digunakan untuk pengambilan gambar di waktu yang cepat, dimana kamu tidak sempat menstabilkan kamera. Serta jenis yang ketiga adalah phase detection autofocus, yang akan terus mengulang fokus bidikan hingga terasa cocok. Dengan fitur autofocus, kamu juga dapat mengambil foto bokeh dengan smartphone tanpa harus memiliki 3 lensa.

4. Auto Flash

Tips selanjutnya untuk memaksimalkan kamera smartphone tanpa harus memiliki 3 lensa adalah dengan menggunakan auto flash. Biasanya, fitur ini jarang digunakan dengan alasan gambar menjadi lebih buruk hasilnya. Padahal, auto flash akan secara otomatis mengaktifkan lampu flash jika keadaan terlalu gelap saat pengambilan gambar.

5. Filter

Jangan membayangkan filter hanya berupa filter warna, atau bahkan telinga dan hidung anjing saja, ya. Smartphone telah dibekali dengan fitur filter sendiri, misalnya mencerahkan warna, memberi kesan foto lama pada gambar, membuat warna monokrom, mencerahkan bagian wajah tertentu, dan lain sebagainya.

Jangan selalu beranggapan bahwa fitur itu jahat. Justru, foto yang hasilnya kurang bagus jika diberi sentuhan filter yang tidak berlebihan, akan terlihat lebih bagus.

6. High Dynamic Range (HDR)

Fitur HDR penting dimiliki oleh smartphone. Dengan fitur ini, kamu dapat mengambil foto berkualitas dengan penyesuaian otomatis. Cara kerja HDR sendiri yaitu dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto ideal. Untuk mengambil gambar panorama alam, sangat cocok jika menggunakan fitur HDR, supaya hasilnya lebih bagus.

7. Night Sight

Fitur ini memiliki fungsi hampir sama seperti flash, namun lebih lembut dan tidak merusak kualitas gambar. Sehingga, gambar yang dihasilkan juga lebih baik.

Itulah fitur yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan kamera smartphone tanpa harus memiliki 3 lensa. Meski begitu, bukan berarti 3 lensa tidak banyak berfungsi, tentu masih banyak fungsinya. Hanya saja, kamu yang memiliki smartphone bukan 3 lensa, tidak perlu berkecil hati dan tetap dapat memaksimalkan hasil jepretan smartphone milikmu.

0 Response to "Tips Maksimalkan Kamera Smartphone tanpa Harus Memiliki 3 Lensa "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Pembahasan Artikel dan Di Larang Spam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel