Persiapan Sebelum Menginstal Windows Pada Laptop atau PC

Persiapan Sebelum Menginstal Windows Pada Laptop atau PC
Persiapan Sebelum Menginstal Windows Pada Laptop atau PC

Instal ulang pada laptop merupakan cara untuk memperbaiki laptop jika mengalami kondisi tertentu seperti blue screen, laptop berkedip, os tidak dapat start dan sebagainya.

Sebagai seorang yang baru dalam hal ini, tentu anda masih bertanya-tanya apakah menginstal laptop tidak akan berbahaya, apakah menginstal laptop dapat menghapus semua data kita ?

Baca juga: Tutorial Mengatasi Layar Laptop Yang Mengalami Blue Screen

Nah, semua pertanyaan seperti ini akan kami jawab pada pembahasan artikel tentang persiapan sebelum melakukan instal ulang windows pada laptop.

Semoga dengan adanya informasi seperti ini bisa memberikan panduan yang jelas untuk anda semua terutama pengguna pc atau laptop yang mengalami masalah dengan aktivitas laptop/pc.

Persiapan Sebelum Melakukan Instal Ulang Windows pada PC atau Laptop 


1. Lakukan Backup




Data Penting Salah satu cara agar data-data anda tetap aman dan tidak hilang, terlebih dahulu lakukan backup data, cara ini bisa anda lakukan dengan memakai hardisk tambahan eksternal dengan kapasitas yang lebih besar jika memang data di dalam laptop ukurannya besar.

Atau kalau anda sudah paham dengan pembagian partisi pada saat proses instal windows, mungkin cukup pindahkan saja ke local disk D atau E yang ada di laptop anda.

Jangan pernah menyimpan data penting pada Local C atau local sistem karena seringkali orang-orang lupa menyimpan data disana dan hilang begitu saja pada saat proses recovery dan perbaikan laptop/pc.

2. Pastikan Kondisi Daya Penuh 



Menginstal laptop dengan kondisi daya baterai dibawah 40% itu rentan sekali gagal karena pada saat proses instalisasi seringkali di tinggal untuk kegiatan lainnya, jadi lupa bahwa baterai baterai dibawah 40%.

Nah kalau daya baterai sampai habis dan instalisasi belum berhasil maka akan terjadi kegagalan dan anda harus mengulang kembali dari awal.

Untuk karena itu, kami sarankan pada saat proses instalisasi pastikan kondisi baterai penuh 100% atau kalau tidak sambil di colokkan pada sumber daya listrik. Cara ini lebih aman di bandingkan baterai kurang dari 40% atau dibawah itu.

3. Persiapkan Os Windows dan Boottable 

Kemudian hal penting lainnya untuk kelancaran proses instalisasi ini adalah os windows terbaru yang sudah anda dapatkan dengan cara membeli driver ataupun dari internet, paling tidak kalau memang mencari yang gratisan bisa di dapatkan dari internet secara langsung.

Sedangkan untuk proses pembuatan driver windows sendiri harus menggunakan dua cara, pertama pakai DV RW dan kedua pakai Flashdisk dengan ukuran setidaknya 16 GB.

Silahkan anda persiapkan terlebih dahulu kedua bahan ini, pertama os windows sesuai dengan spesifikasi komputer atau PC anda, untuk melihat spesifikasi laptop atau PC dengan cara CTRL + Run – Dxdiag – Tampilan menu informasi PC.

Kemudian kedua, siapkan DVD RW dengan kapasitas 16GB atau juga bisa pakai Flashdrive kapasitas 16 GB.

4. Cek sekali lagi 

Terakhir jika semua bahan sudah disiapkan, maka kami sarankan untuk cek sekali lagi baik data-data yang ada di dalam laptop dan kondisi laptop yang sudah siap untuk di instal.

Pastikan tidak ada data yang tertinggal karena besar kemungkinan akan sangat sulit sekali untuk dikembalikan.

Cek juga pada browser internet history password dan lain-lain, sehingga anda tidak perlu lagi mengingat-ngingat password untuk halaman login situs tertentu.

Baca juga: Tutorial Menonaktifkan Update Otomatis Pada Windows Update

Nah, sampai disini informasi mengenai persiapan sebelum melakukan instalisasi windows di PC atau Laptop. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel