04 January 2020

Langkah-langkah Efektif Berjualan Laris Manis di Instagram

Langkah-langkah Efektif Berjualan Laris Manis di Instagram

Langkah-langkah Efektif Berjualan Laris Manis di Instagram

Siapa yang tak tahu instagram? Media sosial berbasis grafis ini menjadi kewajiban yang harus dimiliki kamu milenial. Berbagai macam foto diunggah di instagram, mulai dari kegiatan sehari-hari, hal-hal lucu hingga momen liburan. Tak jarang momen liburan seseorang di instagram mendapatkan banyak love sekaligus cibiran. Karena memang foto bertemakan liburan menjadi hal sensitif yang mengundang beragam reaksi netizen.

Selain foto-foto liburan dan berbagai momen sehari-hari, instagram juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. Meski awalnya tidak terlalu memperhatikan hal ini, namun kini instagram juga mengembangkan fitur-fitur yang mengakomodasi penggunanya untuk semakin mudah berjualan online. Jika anda termasuk pengguna instagram yang memanfaatkannya untuk jualan online, langkah-langkah berikut akan sangat efektif untuk meningkatkan jualan online anda di instagram.

5 Langkah Efektif Berjualan Online di Instagram

Langkah-langkah Efektif Berjualan Laris Manis di Instagram


1. Mengubah Akun Personal Menjadi Akun Bisnis

Hal pertama yang perlu anda lakukan agar jualan di instagram semakin efektif adalah mengubah profil akun instagram. Ubah nama instagram anda menjadi nama bisnis anda, terlebih jika nama instagram anda masih ada unsur alay, buruan deh dirubah!

Setelah itu, ubah foto profil menjadi logo bisnis anda. Tuliskan juga deskripsi bisnis anda beserta kontak yang bisa dihubungi, mulai dari email, nomor WA hingga nomor telepon. Agar lebih meyakinkan, sertakan juga alamat website anda. Akan menjadi PR penting bagi anda yang saat ini belum memiliki website bisnis.

Kemudian, ubah pengaturan profil akun anda menjadi profil bisnis. Langkahnya adalah dengan masuk ke menu settings (pengaturan) pada profil akun anda, lalu pilih switch to business profile. Manfaat dari pengubahan profil ini adalah untuk mempertemukan anda dengan macam-macam fasilitas yang berguna bagi bisnis. Beberapa fasilitas tersebut adalah : instagram insight yang memberikan informasi tentang follower instagram anda beserta ketertarikan mereka. Selanjutnya ada fasilitas CTA (Click to Action) di tiap postingan. Adanya fasilitas pasang link pada insta stories dan fitur facebook alignment.

2. Melakukan Optimalisasi Pada Hashtag

Hashtag dalam instagram berfungsi untuk memberi kata-kata yang relevan tentang postingan yang dibuat. Hashtag memiliki simbol #. Untuk memaksimalkan pencarian dengan hashtag, instagram melakukan perubahan algoritma dalam hal tersebut.

Ketika belum dilakukan perubahan, menulis hashtag di kolom komentar akan memiliki fungsi yang sama ketika anda membuatnya pada caption postingan instagram. Namun kini hashtag di kolom komentar akan ditandai sebagai spam oleh sistem, sehingga tak akan muncul di kolom pencarian. Sehingga strateginya, buatlah hashtag antara 5 hingga 20 sebagai caption postingan anda.

Selain itu, hashtag yang dicantumkan pada insta stories serta profil akan muncul di kolom pencarian. Hashtag juga bisa difollow oleh pengguna instagram lain. Oleh karenanya, buatlah hashtag yang benar-benar relevan dan menceriminkan bisnis anda, entah itu di postingan, insta stories ataupun profil akun.

3. Pakai Instagram Shopping Ketika Ingin Menjual Barang

Instagram shopping akan sangat tepat dimanfaatkan untuk anda yang berjualan produk secara fisik, dalam artian bukan berupa layanan atau jasa. Fasilitas ini mirip seperti tag yang ada pada tiap-tiap postingan. Bedanya, pada instagram shopping akan muncul informasi tentang nama dan harga produk yang ditandai.

Selain sebagai penanda, tag dalam instagram shopping juga berguna sebagai tombol CTA (Click to Action). Dimana dengan tombol ini, pengguna akan dibawa ke akun terkait produk yang ada tombol CTA nya tersebut.

Langkah-langkah Efektif Berjualan Laris Manis di Instagram
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.
EmoticonEmoticon