04 January 2020

Terbongkar, Cara Jitu Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Terbongkar, Cara Jitu Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Cara Jitu Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Belakangan kita melihat stories akun Instagram milik publik figur seperti artis atau endorser dapat langsung klik link website yang dituju. Atau yang kita kenal dengan “swipe up/swipe more”. Fitur ini sudah ada sejak Mei 2017 lalu. Dan yang dapat mengakses fitur ini adalah akun yang sudah terverifikasi.

Selain itu, link stories yang dapat di klik juga sudah tersedia dalam business profile. Menariknya, fitur ini tidak ada batasan geografisnya. Jadi dapat digunakan dimana saja.


Cara Menambahkan Fitur Link Website di Story Instagram


1. Membuat Story Instagram

Buatlah story Instagram seperti biasanya, dapat berupa gambar yang baru kamu ambil atau gambar yang sudah ada di galeri. Atau kamu dapat membuat tulisan saja pun boleh. Tergantung tujuan dari link yang akan kamu tambahkan nanti.

2. Menambahkan Link URL

Untuk menambahkan link URL, kamu bisa klik langsung logo chain atau raintai yang ada di bagian atas ketika membuat story Instagram. Setelah itu, akan muncul pop up di layar smartphone yang mengharuskan kamu untuk memasukkan link website. Ketik alamat URL secara lengkap dan tap pada tanda cek yang berwarna hijau (pada Android) dan “done” di iOs untuk save link.

Yang perlu diketahui, analisis Instagram story tidak melacak URL yang di klik. Jadi, jika kamu ingin mengukur traffic dan konversi, gunakan link yang bisa dilacak secara terpisah. Sebaiknya, kamu menggunakan link shortener seperti Bit.ly atau Rebrand.ly. Jika berhasil menambahkan link, ikon chain akan berada pada lingkaran berwarna putih.

3. Edit Story

Selanjutnya, kamu dapat mengedit story dengan menambahkan konten, filter, stiker, tulisan, juga dapat memasukkan call to action ke dalam teks story untuk mengarahkan audience mengakses link. Biasanya, akan ada teks seperti “Swipe ke atas untuk melihat lebih banyak” atau “tap to see more”.

Mungkin cukup sulit membuat audience melakukan “swipe up” story kita. Dengan berbagai alasan, seperti tidak terlihat karena gambar terlalu banyak, atau lainnya. Kamu dapat mensiasati dengan teks yang lebih mencolok yang menunjukkan untuk melakukan “swipe up”, atau memberikan anak panah. Jika story berupa video, kamu dapat mengatakan untuk swipe up, supaya audience melakukan swipe up.


Cara Jitu Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Cara Efektif Menggunakan Link di Instagram Stories

Jika kamu sudah berhasil menambahkan link website di Instagram Stories, pertanyaan selanjutnya apakah cara tersebut efektif untuk meningkatkan kunjungan ke akun Instagram atau website milikmu?

Jawabannya tentu tergantung dari jumlah postingan yang kamu buat. Lebih baik, sertakan 1 atau 2 link dalam postingan. Misalnya kamu membuat 4 sampai 6 postingan, kamu hanya perlu menambahkan link pada 1 atau 2 postingan saja.

Kebanyakan, pengguna Instagram menambahkan link ke stories nya karena mereka memiliki website atau toko online. Oleh karena itu, buatlah semenarik mungkin konten story yang akan dibubuhi link. Tujuannya supaya audience dapat mengetahui manfaat dari produk yang kamu tawarkan, atau promosi yang kamu lakukan melalui link tersebut.

Misalnya saja pertanyaan – pertanyaan yang mana jawabannya mengarah pada link yang kamu tambahkan, sehingga audience dapat tertarik dan melakukan swipe up. Atau kamu juga dapat melakukan secara terang – terangan dengan menyebutkan bahwa ada diskon tertentu di toko yang kamu kelola jika melakukan swipe up.
Terbongkar, Cara Jitu Menambahkan Link Website di Instagram Stories
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.
EmoticonEmoticon