WOW! Android Umumkan Nama Android Q yang Baru serta Kelebihan Fiturnya, Penasaran?

Sumber: arstechnica.com

Seperti kita ketahui, nama sistem android belakangan selalu menggunakan nama makanan penutup manis atau dessert. Mulai dari Kitkat, Lolipop, Marshmallow, hingga kini Pie. Namun kira – kira, makanan manis apa yang menggunakan awalan huruf Q?

Banyak yang menduga android Q nanti akan bernama Queen of Puddings, Quiche, atau nama makanan manis lainnya. Namun, android Q beta yang telah dirilis 13 Maret 2019 ini tidak lagi menggunakan nama makanan penutup.

Mulai android Q ini, android akan dinamakan Android 10 sebagai nama resmi sistem operasi android. Tidak lagi menggunakan nama makanan penutup. Artinya, dimungkinkan untuk seri selanjutnya menggunakan nama Android 11 dan seterusnya.

Menurut pernyataan dari Vice President of Product Management Android, Sameer Samat, menyatakan bahwa penamaan dengan dessert kurang familiar di beberapa negara. Dan beberapa makanan kurang familiar. Sehingga, penggunaan angka diharapkan mampu dipahami oleh semua kalangan.

Selain nama, android Q juga mengalami perubahan pada logo. Dimana font tulisan lebih simpel dengan beberapa sisi melengkung. Serta android Q dan kedepannya hanya menggunakan ikon kepala robot saja. Lalu, fitur apa yang baru dari Android Q yang rilis ini?

Sumber: cybermagonline.com

Berikut adalah fitur – fitur dan kelebihan Android Q terbaru:


1. Efek Foto yang Semakin Menarik


Di Android 10 nanti, efek kamera akan semakin banyak. Hasil foto lebih fokus dan memperhalus efek bokeh. Selain itu, efek kamera seperti advanced 3D dan augmented reality juga dimaksimalkan oleh Android 10 ini.

2. Dukungan untuk Perangkat Layar Lipat


Teknologi baru layar lipat membuat Android 10 mendukung perangkat layar lipat ini. Diramalkan, smartphone layar lipat dengan sistem Android 10 akan menjadi tren di tahun 2020. Misalnya Android Q Samsung Galaxy Fold atau Android Q Huawei Mate X.

3. Dekstop Mode


Seperti yang ada pada perangkat Samsung Dex, Android 10 nantinya memiliki fitur dekstop mode. Fitur dekstop mode ini nanti dapat digunakan tanpa menggunakan alat tambahan.

4. Sharing Wifi dengan QR Code


Lebih canggih lagi, Android 10 memiliki fitur membagi password wifi dengan QR Code. Tentu akan lebih aman dan tenang, karena kamu hanya perlu membagikan QR code ke orang yang kamu ingin bagi saja.

5. Screen Shot Mengikuti Bentuk Layar Smartphone


Layar smartphone tentu memiliki bentuk yang berbeda – beda, salah satunya adalah jenis layar lengkung atau notch. Di Android 10 ini, memungkinkan untuk screen shot dengan model layar lengkung, sehingga hasilnya pun mengikuti layar.

6. Navigasi Gesture


Penggunaan navigasi gesture akan lebih maksimal pada sistem Android 10, hal ini membuat layar lebih interaktif dengan pengguna. Kedepannya, opsi navigation bar mulai ditinggalkan pengembangnya dan beralih dengan gesture di bagian bawah layar hingga ke sisi kiri dan kanan layar.

7. Dark Mode Terbaru


Android 10 telah menyempurnakan dark mode terbaru. Elemen putih akan menjadi berwarna abu – abu gelap, bahkan beberapa elemen seperti notifikasi pada menu akan menjadi hitam. Termasuk juga mode pada aplikasi seperti Instagram dan WhatsApp. Seolah terlihat seperti tema baru yang dapat diterapkan di berbagai aplikasi. Untuk kamu yang suka dengan tema gelap, Android 10 akan cocok untuk kamu.


Itulah beberapa kelebihan fitur yang ada di Android Q atau Android 10 menurut MediaManfaat.com. Gimana sobat sudah terjawab penasarannya kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel