Fitur Dark Mode di Smartphone? Siapa Takut!

Fitur Dark Mode di Smartphone? Siapa Takut!
Sumber: https://9to5google.com

Teknologi smartphone baru – baru ini memperkenalkan fitur mode gelap atau dark mode. Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan tampilan gelap, tidak seperti smartphone pada umumnya.

Fitur dark mode dinilai memiliki banyak keunggulan daripada tampilan biasanya. Jika berpikir fitur dark mode sama saja dengan tema di smartphone, jauhkan pikiran tersebut. Karena fitur dark mode ini berbeda dengan hanya sekedar tema saja.

Fitur dark mode memiliki keunggulan yang tidak ada pada fitur biasa, apalagi tema. Dan berikut ini akan di bahas keuntungan jika kamu menggunakan fitur dark mode di smartphone:

Fitur Dark Mode di Smartphone? Siapa Takut!
Sumber: https://infokomputer.grid.id

1. Tulisan lebih Terlihat Jelas

Dalam sebuah jurnal yang berjudul “The Impact of Web Tex-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention”, karangan Richard H. Hall dan Patrick Hanna, menyebutkan bahwa kombinasi warna gelap dan terang yang dihasilkan oleh fitur dark mode membuat teks menjadi lebih jelas dibaca. Selain itu, pengguna menjadi lebih fokus pada bacaan. Ditambah lagi, fitur ini sangat cocok untuk kamu yang gemar membaca melalui gadget.

2. Lebih Aman untuk Kesehatan Mata

Melihat layar smartphone di posisi gelap memang tidak baik, dapat membuat mata cepat lelah dan sakit. Padahal, melihat layar smartphone di posisi gelap cukup sering dilakukan. Untuk kamu yang sering melakukan hal ini, kamu perlu menggunakan fitur dark mode yang ada di smartphone.

Dengan fitur dark mode, dapat mengurangi paparan cahaya biru yang ada pada smartphone. Cahaya biru ini dapat menyebabkan mata kering, menekan sekresi melatonin yang mana merupakan hormon yang dibutuhkan untuk tidur.

Dengan adanya fitur dark mode, dapat mengurangi paparan cahaya tersebut. Sehingga, lebih aman untuk mata, terlebih dalam jangka waktu yang lama.

3. Menghemat Daya Baterai

Saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Dimana diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi terhadap penggunaan smartphone. Sayangnya, masih banyak juga pengguna yang meskipun smartphone-nya memiliki kapasitas baterai besar, tetap kurang karena tingginya tingkat penggunaan smartphone.

Fitur dark mode dikabarkan mampu menghemat daya baterai secara signifikan. Yang mana tentunya akan sangat membantu para pengguna, terutama mereka yang memiliki mobilitas penggunaan yang tinggi.

Yang masih disayangkan, fitur dark mode akan bekerja dengan optimal ketika digunakan pada smartphone dengan layar OLED. Hal ini dikarenakan masing – masing piksel layar OLED akan mati ketika menampilkan warna hitam, sehingga baterai akan lebih hemat.

Sementara jika menggunakan layar LCD, tidak terlalu berpengaruh. Karena LCD memiliki backlight yang akan tetap menyala meskipun sedang menampilkan warna hitam.

4. Tidak Mengganggu Siklus Tidur

Sama seperti poin sebelumnya, dimana fitur dark mode tidak akan mengganggu siklus tidur. Hal ini dikarenakan fitur dark mode dapat mengurangi cahaya biru yang menjadi penyebab insomnia.

5. Tampilan Lebih Elegan

Tampilan warna monokrom membuat fitur dark mode lebih terlihat elegan. Tampilannya terkesan misterius, simpel, bersih, dan tentunya enak dipandang. Meskipun ini soal selera, tapi banyak pengguna mengaku fitur dark mode ini lebih keren.


Jadi, sudah tahu bedanya fitur dark mode dengan tema, kan? Banyak keunggulan – keunggulan yang ditawarkan fitur dark mode, yang mana tentunya tidak dimiliki oleh tema biasa. Kamu dapat memaksimalkan penggunaan smartphone ketika kamu menggunakan fitur dark mode di smartphone. Jadi, siap ganti fitur dark mode?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel