Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang

Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang

Banyak sekali masalah yang dapat ditimbulkan oleh smartphone. Terkadang, masalah tersebut datang tanpa kita sadari. Tiba - tiba saja, smartphone tidak dapat bekerja dengan baik dan kehilangan kemampuan umumnya. Tentu akan sangat mengganggu dan tidak nyaman rasanya menggunakan smartphone yang kita sukai ini.

Android dengan sistem operasi paling baru, prosesor paling mutakhir, serta kapasitas RAM 4 GB pun tidak menjamin smartphone android kebal terhadap masalah. Masalah yang ada dapat diakibatkan karena fotware atau hardware yang ada pada smartphone.

Masalah yang seringkali dialami adalah android mengalami panas berlebih, sehingga menyebabkan smartphone android hang dan tidak bergerak sama sekali. Hal ini dapat dikarenakan kinerjanya yang tinggi atau bahkan dipaksakan, sehingga prosesor smartphone tidak dapat mengatasinya. Solusi yang biasa dilakukan adalah dengan mematikan perangkat android untuk membuatnya lebih dingin.

Namun, ada kalanya masalah muncul karena smartphone android tiba - tiba tidak dapat merespon sama sekali ketika layar disentuh atau tombol ditekan. Berbagai cara telah dilakukan, namun smartphone tidak kunjung hidup dan beroperasi dengan normal.

Jika hal ini terjadi, jangan panik. Solusi yang tepat dapat dilakukan adalah me-reset perangkat dengan konsekuensi harus kehilangan seluruh data.

Simak Beberapa Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang


Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang

Berikut Ini Dijelaskan Cara Melakukan Reset Smartphone Ketika Sedang Hang:

  • Tekan tombol power dan volume up, down, atau keduanya bersamaan, hal ini bertujuan untuk mengakses menu recovery android. Perlu diingat, peletakan tombol tersebut dapat berbeda antara satu smartphone dengan smartphone lainnya.
  • Selain itu, setiap produsen handset juga memiliki metode reset yang berbeda. Cara ini adalah metode umum yang banyak digunakan oleh semua perangkat. Kamu dapat browsing bagaimana cara masuk ke menu recovery sesuai dengan smartphone android yang kamu gunakan.
  • Setelah masuk ke menu recovery, kamu akan menghadapi banyak pilihan yang berjajar. Tampilan menu recovery ini berbeda - beda, tergantung pada masing - masing produsen smartphone. Tapi jangan khawatir, karena semua smartphone dibekali dengan fitur seperti ini, hanya caranya saja yang berbeda.
  • Lalu, cari opsi yang bertuliskan Wipe Data. Yang memiliki fungsi sama seperti reset to factory setting. Opsi tersebut merupakan perintah untuk penghapusan seluruh data yang ada di smartphone dan mengembalikannya pada mode default.
  • Karena ini merupakan langkah besar, biasanya sistem ini akan mengkonfirmasi kembali tindakan penghapusan yang kamu lakukan ini, karena nantinya seluruh data dalam smartphone akan hilang. Pada pilihan tersebut, kamu akan menjumpai banyak pilihan "No" dan hanya satu perintah bertuliskan "Yes, delete all user data". Pilih pilihan tersebut dan biarkan proses penghapusan berjalan.
  • Proses penghapusan dapat memakan waktu beberapa menit. Selanjutnya, kamu harus memilih Reboot system now supaya smartphone dapat kembali menjalankan sistem operasi android.
  • Setelah proses selesai, tentu kamu akan melihat hasilnya dengan menyalakan smartphone. Dalam proses menyalakan kembali ini, biasanya smartphone memerlukan waktu lebih lama, tapi hal itu normal, jadi jangan panik jika hal ini terjadi.

Artikel di atas tentang Solusi Tepat Cara Memperbaiki Android yang Tiba-tiba Hang, Memang merupakan hal yang berat jika harus menghapus seluruh data. Namun, peristiwa hang atau eror nya sistem pada smartphone android pun datang dengan tiba - tiba. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk menghapus seluruh data, ada baiknya lakukan backup data secara berkala. Termasuk juga mengingat username dan password yang kamu gunakan untuk mengaktifkan aplikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel