Cara Menghapus Virus Malware Berbahaya di Android Paling Ampuh

Sama halnya dengan komputer, smartphone dapat juga terserang virus. Virus yang menyerang smartphone juga dapat disebabkan oleh malware. Smartphone yang tidak dilindungi oleh anti virus akan mudah terserang virus.

Datangnya virus dapat berasal dari bermacam - macam sumber, seperti transfer data dari komputer ke smartphone, bertukar data melalui bluetooth, aplikasi pada smartphone, download yang salah di smartphone, dan banyak lainnya.

Virus nantinya dapat menyebabkan kerusakan pada software smartphone. Fungsi - fungsi smartphone pun akan terganggu karena rusaknya software tersebut yang diakibatkan oleh virus. Karena bahayanya ini, perlu adanya upaya penghapusan pada virus ketika sudah menjangkiti smartphone.

Namun sebelumnya, hal yang harus dilakukan adalah melakukan cek terhadap aplikasi yang ada di smartphone.

Berikut Langkah-langkah Cara Menghapus Virus Malware Berbahaya di Android Paling Ampuh


  • Melakukan Cek Aplikasi dan Hapus Aplikasi

Seringkali, kita tidak menyadari bahwa aplikas yang ada pada smartphone sebenarnya tidak berguna dan justru membahayakan kinerja smartphone android itu sendiri. Meskipun seiring berkembangnya waktu, sistem operasi android didesain dengan berbagai keunggulan. Namun tetap saja, malware dan kawan - kawannya menjadi ancaman.

Cara yag mudah untuk menghapus virus di android adalah memeriksa aplikasi yang sudah terinstall di smartphone. Periksa dengan teliti, apakah aplikasi digunakan atau tidak. Jika sudah tidak digunakan, segeralah delete aplikasi tersebut.

  • Hapus Akses Administrator

Langkah selanjutnya untuk melindungi smartphone supaya tidak terjangkit virus, gunakan safe mode. Artinya, kamu harus lebih selektif terhadap aplikasi yang ada di smartphone.

Jika menjumpai aplikasi yang aneh, langsung menuju ke pengaturan, pilih security, lalu klik device administrator. Hilangkan segera supaya kinerja smartphone android tidak terbebani.

  • Keluar dari Safe Mode

Setelah cara menghapus virus pada smartphone android di atas kamu praktekkan dan berhasil menghilangkan ancaman malware jahat, langkah selanjutnya kamu dapat keluar dari safe mode. Setelah keluar, kamu akan kembali pada tampilan yang normal.

Jangan meremehkan virus yang masuk ke smartphone sekecil apapun itu. Padahal, Google Play sudah membekali diri dengan fitur penyaring aplikasi berbahaya, tapi tetap saja tidak sedikit malware yang sukses menyerobot ke dalam smartphone android milikmu. Pemasangan anti virus mungkin dapat menjadi solusi yang terdengar akurat.

Namun, memasang anti virus bukan jaminan jalan keluar pasti, justru bisa jadi dibarengi dengan ketakutan apabila smartphone ditimpa kendala. Kinerjanya akan menjadi lemot, bahkan macet total. Hal ini biasanya terjadi pada smartphone yang memiliki spesifikasi pas - pasan dan RAM yang kecil.

Cara menghapus virus di android dengan mudah ternyata sederhana. Kamu dapat mencobanya sendiri pada smartphone android milikmu. Namun, jika kamu ragu melakukannya, kamu bisa membawanya ke tempat yang terpercaya. Di counter handphone biasanya menyediakan jasa penghapusan virus.


Kamu mungkin pernah bertanya apakah hp android bisa kena virus, jawabannya bisa. Namun tidak separah di laptop atau komputer. Itulah mengapa banyak sekali aplikasi antivirus yang menyediakan cara menghapus virus malware di android. dan kamu bisa mendownloadnya di playstore dengan mudah.

Sekarang, jangan khawatir lagi dengan virus pada android. Kamu dapat mengambil tindakan preventif dengan memasang anti virus, atau tindakan kuratif dengan menghapus virus di android dengan cara tersebut. Jika kamu terkendala dengan RAM smartphone yang kecil, kamu dapat mencari anti virus yang tidak terlalu menggunakan banyak ruang. Sehingga tidak menyebabkan smartphone menjadi lemot.

Jika smartphone kamu memiliki banyak ruang dan sangat memungkinkan mendownload anti virus dalam ukuran besar, carilah anti virus yang terpercaya. Jika perlu, pilih aplikasi berbayar karena biasanya lebih terpercaya dan tidak membawa malware. Dan tentunya, pilih aplikasi yang memiliki rating dan komentar baik dari penggunanya. 

Jangan biarkan hp kesayangan kamu rusak hanya karena terkena serangan virus. Oleh karenanya simaklah beberapa aplikasi di bawah ini yang mungkin bisa membantu Anda semua.

Berikut Daftar Aplikasi yang Menyediakan Cara Menghapus Virus Malware di Android:


1. AVG AntiVirus PRO Android Security

Aplikasi ini besutan dari AVG mobile dengan ukuran sebesar 29 MB. Antivirus yang satu ini cukup populer bahkan tidak ada yang tidak mengenal AVG, terkenal akan keahliannya dalam mengatasi virus di komputer maupun hp.

Aplikasi ini akan bekerja dengan sangat cepat dan efisen di hp kamu. AVG akan memindai semua file, aplikasi, game, memori dan akan mendeteksi bila ada konten yang berbahaya, dalam seketika AVG pun menghapusnya dari hp kesayangan kamu.

2. 360 security

Aplikasi ini besutan dari developer 360 Mobile Security Limited dengan ukuran sebesar 24 MB. Aplikasi ini juga tidak kalah dengan AVG karena dipercaya bisa menghapus segala virus malware di hp kamu bahkan yang selama ini susah di hapus sekalipun. Aplikasi ini juga termasuk yang peka terhadap file yang mungkin tidak di gunakan atau sampah, sehingga akan terhapus dan menyediakan ruang lebih bagi kamu untuk meyimpan file lainnya.

Bahkan bisa membatu kamu menghapus file, aplikasi yang mungkin tidak kamu butuhkan dan mungkin ingin menghapusnya. Selain itu kamu bisa mengelola lokasi file kamu seperti pemindahan dari internal ke eksternal storage.

3. Security Master

Aplikasi ini adalah besutan dari Cheetah Mobile (AppLock & AntiVirus) dengan ukurannya bervariasi karena menyesuaikan perangkat kamu. Aplikasi ini sangatlah multi fungsi karena fungsinya yang sangat banyak dan berguna sekali. Dengan aplikasi ini tentu semua virus malware akan terdeteksi dan terhapus dengan sempurna. Namun tidak hanya itu aplikasi ini juga menawarkan fitur dalam keamanan data privasi anda dalam hp. Dia juga mendeteksi kehematan baterai dan pendingin cpu saat hp kamu sedang digunakan.

4. Avast Antivirus Gratis – Photo vault, App Lock

Aplikasi besutan dari Avast Software dengan ukuran sebesar 29 MB.tidak kalah dengan security master, aplikasi ini juga sangat multifungsi. Avast akan melindungi hp kamu dari berbagai jenis virus malware, bahkan virus yang dibawa dari aplikasi yang diinstal ke hp kamu juga akan muncul peringatannya.

Selain itu fitu app lock juga tersematkan, jadi kamu bisa mengunci beberapa aplikasi yang kamu tidak ingin orang asing membukanya. Bahkan saking pintarnya aplikasi ini bisa menghapus file yang sudah tidak lagi anda butuhkan secara otomatis lho

5. Kaspersky Mobile Antivirus: AppLock & Web Security

Aplikasi ini besutan dari Kaspersky Lab dengan ukurannya akan menyesuaikan perangkat kamu. Kaspersky juga memiliki fitur canggih dia bisa memblokir virus, aplikasi, tautan, dan file berbahaya yang terdeteksi di hp kamu. Selain itu juga bisa membantu kamu melacak menemukan hp kamu bila tergeletak hilang. Informasi privasi dan fitur app lock juga ada di aplikasi ini.


Wah sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena sudah menemukan Cara Menghapus Virus Malware Berbahaya di Android Paling Ampuh dengan aplikasi di atas. Segeralah download dan install agar keamanan terbaik tersematkan di hp kamu. Semoga membantu dan Selamat mencoba!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel