Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

Memiliki smartphone adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Jika dulu kebutuhan primer adalah sandang, pangan, dan papan, kini lebih kompleks lagi. Karena kebutuhan akan teknologi seperti smartphone sudah menjadi kebutuhan primer.

Sebagai sebuah alat, smartphone memiliki berbagai komponen yang menyertai. Komponen tersebut berupa software dan hardware. Salah satu hardware atau perangkat keras dari smartphone adalah touchscreen atau layar sentuhnya.

LCD pada smartphone menggunakan teknologi layar sentuh, yang merupakan bagian pokok dalam smartphone. Jika smartphone mengalami kerusakan, tentu akan sangat mengganggu dan bahkan tidak dapat digunakan dengan baik. Tentu kamu sebagai pengguna juga akan kesal dengan rusaknya touchscreen.

Kerusakan yang terjadi pada LCD dapat terjadi karena usia smartphone yang sudah lama, bahan yang kurang kuat, atau disebabkan karena perbuatan sang pemilik smartphone. Kerusakannya seperti tidak bisa dipencet menunya, bisa dipencet tapi tidak sesuai dengan yang dituju, ada juga yang dikarenakan terjatuh sehingga LCD menjadi rusak.

Inilah cara mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

Untuk kamu yang sering meletakkan smartphone di dalam saku celana juga harus berhati - hati, karena LCD smartphone juga dapat rusak karena terhimpit diduduki. Dan banyak lagi masalah yang dihadapi karena rusaknya LCD.

Cara yang dapat dilakukan ketika LCD atau touchscreen rusak parah adalah mengganti LCD dengan yang baru. Namun perlu diingat, setiap smartphone kemungkinan memiliki cara memperbaiki sendiri - sendiri. Tapi secara garis besarnya sama antara satu smartphone dengan smartphone lainnya.

Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengganti LCD atau touchscreen yang rusak. Dalam hal ini smartphone yang digunakan sebagai contoh adalah Lenovo A516.


1. Langkah pertama, matikan smartphone android, kemudian buka penutup dan lepas baterai dari smartphone.

Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

2. Bukalah bagian smartphone dengan menggunakan obeng. Buka skrup satu per satu dan lepaskan jalur yang menghubungkan PCB dengan jalur LCD. Harap buka dengan perlahan jangan sampai merusak komponen yang lain. Dan yang terpenting, ingat letaknya supaya mudah saat mengembalikan setelah diperbaiki. 

Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

3. Setelah blok PCB terlepas, kemudian hangatkan layar sentuh. Jika tidak memiliki alat pemanas khusus smartphone, gunakan hair dryer atau setrika. Yang terpenting jangan terlalu panas.

Fungsinya pemanas adalah untuk melepaskan touchscreen dari body smartphone. Supaya lebih mudah dan tidak memaksa, sehingga tidak merusak komponen lainnya.

Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

4. Lalu, lepaskan pelan - pelan touchscreen dari body smartphone dengan cara mencukilnya. Perlu diingat, jangan langsung menggunakan tangan, gunakanlah alat bantu lain untuk mencukil. Bisa menggunakan lempengan seng tipis, kartu remi, atau sejenisnya.

Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android

5. Jika touchscreen sudah terlepas, sebelum diganti dengan yang baru, cobalah terlebih dahulu apakah berjalan normal atau tidak. Jika yakin touchscreen berjalan normal, barulah pasang dan kencangkan lagi dengan skrup seperti awal.

6. Inilah gunanya mengingat letak komponen sebeum benar - benar melepasnya, karena kamu akan memasangnya kembali. Tentunya harus sesuai dengan letaknya dan jangan sampai salah. Pasang dan kencangkan kembali dengan skrup.


Perlu diingat bahwa mengganti touchscreen harus dilakukan dengan hati - hati. Karena risiko yang ditimbulkan jika gagal pun besar. Namun, tidak ada salahnya mencoba memasak LCD sendiri supaya kamu lebih paham mengenai komponen smartphone milikmu. Mengganti LCD sendiri juga dapat menjadi upaya untuk meminimalisir potensi terkena tipu dari tempat servis nakal.

Jika Cara Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone Android pada artikel di atas menurut anda ada yang kurang, Silahkan anda tambahkan melalui kolom komentar ya sobat. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel