Syarat dan Cara Install Android Studio Untuk Membuat Aplikasi


Android Studio adalah salah satu software untuk membuat sebuah aplikasi android. Android studio telah mulai banyak di gunakan oleh para start up dan juga developer-developer android baik itu pemula sampai dengan advent saat membuat aplikasi android. Saat ini telah banyak universitas yang menerapkan matakuliah mobile programing. Lalu bagaimana cara install android studio yang baik dan benar.

Di beberapa universitas bahkan menjadikan pemrograman android sebagai matakuliah wajib bagi mahasiswanya. Android studio ini juga dikenal sangat menguntungkan, karena banyak sekali developer yang saat ini memakai software in karena memudahkan pada saat melakukan coding, debug, dan share pada github. Berikut untuk lebih jelasnya cara dan syarat instalasi android studio:

Persiapan instalasi android studio:


Persyaratan sistem dalam menginstalasi android studio 

  • Windows 2003 (32-bit atau 64-bit).
  • Windows Vista (32-bit atau 64-bit).
  • Windows 7 (32-bit atau 64-bit).
  • Windows 8 / Windows 8.1.
  • Mac OS X 10.5.8 atau lebih baru.
  • Sistem Linux versi 2.11 atau yang lebih baru dari GNU C Library (glibc).
  • Minimal 2GB RAM (rekomendasi adalah 4 GB).
  • 1.5GB ruang disk yang tersedia.
  • Disarankan windows 7 & 10(64bit), Mac os, Linux.


Alat-alat yang wajib kamu siapkan sebelum kamu menginstal android studio:

  • Laptop/pc (minimal kamu memiliki RAM 4gb dan prosesor minimal core i3).
  • Android Studio.
  • Java Development Kit (JDK).

Perhatikan cara install android studio di bawah ini:


1. Menginstal Java Development Kit (JDK).

Java Development Kit (JDK) merupakan salah satu kit yang memang khusus digunakan pada android studio, mengapa? karena android studio menggunakan bahasa java. Ketika kamu ingin menginstalnya di rekomendasikan JDK 6,7 atau yang terbaru JDK 9 karena dikenal lebih stabil daripada pendahulunya. JDK sendiri bisa di download di website resminya melalui pencarian Google.

2. Menginstal Android Studio.

Kemudian setelah kamu mendownload android studio pada link resminya, maka silahkan klik instalasi android yang biasanya diberi nama file (studio android-studio-bundle- <version> .exe). Setelah itu kamu bisa klik next dan klik next kembali. Perlu kamu ketahui juga SDK digunakan untuk kamu bisa mengembangkan atau membuat sebuah aplikasi sebuah paket software konsol video game, software framework, sistem komputer, hardware platform, sistem operasi atau platform yang sejenis lainnya, Virtual Device untuk penggunaan emulator android.

3. Lisensi android studio.Setelah itu akan ditampilkan tulisan yang berisi perjanjian dan lisensi android studio kemudian klik next.

4. Lokasi tempat instalan android studio.Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan tampilan yang berisi lokasi penyimpanan untuk instal android lokasi tersebut dapat dipindah sesuai dengan keinginan kita, namun sangat disarankan memang untuk lokasi penginstalan adalah berada di lokasi di C:\ lalu, kemudian kamu bisa klik next.

5. Tahap akhir instalasi android studio.Aplikasi android studio sudah siap di instal kemudian kamu tinggal mengklik instal, tunggu sampai instalasi selesai, jika telah selesai maka kamu bisa mengklik next dan klik finish. Sampai di sini saja instalasi android studio.


Setelah kamu mengklik finish maka akan muncul aplikasi android studio running pertama kali. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada tahap instalasi selanjutnya, yaitu instalasi tools-tools yang dibutuhkan ketika melakukan pemrograman android nantinya. Di atas merupakan cara install android studio, mengenai instalasi tools yang dibutuhkan adalah instalasi seperti AVD dan Device Manager.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel