Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone

Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone

Salah satu mimpi buruk pengguna smartphone adalah terjadinya bootloop. Bootloop atau gagal booting disebabkan adanya kerusakan pada sistem android sehingga smartphone gagal melakukan start up. Inilah yang menyebabkan smartphone tidak bisa masuk ke menu home dan hanya berputar - putar pada logo merk smartphone.

Di bawah ini akan disajikan cara mudah mengatasi bootloop pada smartphone. Namun sebelumnya, ketahui dulu hal yang menyebabkan bootloop.

Inilah hal - hal yang menyebabkan Bootloop:


1. Flashing Custom ROM

Setelah melakukan flashing custom ROM baru, bisa terjadi bootloop karena data lama yang belum terhapus justru digunakan oleh sistem baru. Paket custom ROM yang rusak juga dapat menyebabkan bootloop setelah diinstall.

2. Install Mod

Menginstall Aplikasi modifikasi atau mod dapat menyebabkan masalah yaitu bootloop. Hal ini terjadi jika aplikasi mod tidak kompatibel dengan ROM yang digunakan.


3. Salah Mengatur Permission

Kesalahan dalam mengatur permission dapat menyebabkan bootloop. Oleh karena itu, telitilah sebelum memberikan permission.

4. Restore System Backup

Sama seperti masalah pertama, ketika ada data lama yang belum terhapus justru terupdate oleh sistem, dapat menyebabkan bootloop. Seperti halnya melakukan restore file yang berkaitan dengan sistem.

Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone

Cara Mudah Mengatasi Bootloop:

1. Bersihkan Dalvik-Cache

Jika bootloop terjadi setelah melakukan flashing custom ROM atau setelah melakukan restore backup, maka cara ini bisa dicoba. Dengan melakukan cara ini, dalvik-cache yang lama akan dibersihkan dan akan diganti dengan yang baru.

Pertama - tama, matikan perangkat android secara total dengan cara melepas baterai, kemudian diamkan selama 2 sampai 3 menit. Jika jenis baterai tanam, alternatif lain dengan menekan tombol power selama beberapa menit hingga perangkat mati total.

Setelah itu, nyalakan kembali perangkat tersebut. Lalu, masuk ke recovery (CWM, TWRP, atau sejenisnya). Setelah >Masuk menu recovery >pilih menu Advanced >pilih opsi Wipe Dalvik-cache >kemudian buka menu Mounts & Storage >pilih opsi Wipe / cache >lalu Reboot.

2. Hapus Data

Jika cara pertama tidak berhasil, kamu dapat melakukan cara menghapus data. Namun sebelumnya, lakukan backup terlebih dahulu untuk menyelamatkan data.

Cara mengatasi booting smartphone android yang ampuh dapat dengan masuk ke CWM recovery. Cara tersebut bertujuan untuk mengembalikan pengaturan android ke settingan pabrik. Dengan demikian, seluruh sistem akan kembali seperti awal mula.

Tetapi sebelum melakukan cara tersebut, pastikan semua data yang ada pada smartphone sudah di back up ke media penyimpanan eksternal.

Caranya adalah dengan >Masuk ke Recovery >pilih menu Backup & Restore >lalu pilih Backup >Setelah itu, buka menu Mounts & Storage >pilih Wipe / data >pilih Wipe / cache >dan klik Reboot.

3. Flash ROM Baru

Jika bootloop terjadi karena custom ROM rusak atau tidak kompatibel dengan smartphone android, maka dapat dilakukan flash ROM baru. Caranya dengan >Masuk ke menu Recovery >pilih Install Zip >kemudian cari custom ROM yang baru di download, lalu Install >dan klik Reboot.

4. Koreksi Permission

Jika bootloop terjadi karena kesalahan dalam memberikan permission, ada cara mudah yang dapat dilakukan. Yaitu dengan >Masuk ke menu Recovery >buka menu Advanced >pilih opsi Fix Permissions >lalu klik Reboot.


Untuk mengantisipasi bootloop terjadi dan untuk menjaga supaya data tidak hilang, rajinlah melakukan back up data. Sehingga ketika bootloop terjadi, meski dengan cara menghapus data, data penting milikmu tidak hilang karena sudah di back up.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Smartphone "

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel