Mengenal Versi Android Dari Paling Awal Hingga yang Terbaru

Perkembangan sistem operasi Android saat ini sudah semakin pesat. Banyak yang mencari urutan versi dari yang paling awal hingga terbaru. Yang mana di setiap versi memiliki kelebihan tersendiri.

Supaya kamu tetap dapat mengikuti perkembangan android, berikut ini disajikan urutan versi android dari yang paling awal hingga yang terbaru:

1. Android Alpha
Mengenal Versi Android

Android Alpha adalah versi pertama kali android yang diluncurkan. Awalnya bernama Android Astro, tapi karena masalah hak cipta, maka namanya diubah menjadi Alpha. Sayangnya, sistem operasi android paling awal ini belum didistribusikan dan diterapkan pada handphone komersil saat itu.

2. Android Beta
Mengenal Versi Android

Mengikuti nama awalnya yaitu Alpha, diluncurkanlah versi android kedua bernama Beta yang awalnya memiliki nama Bender. Dirilis pada 5 November 2007 yang menjadi sistem android urutan kedua.

Android Beta dapat dikatakan berkembang karena sudah support Java seperti OS Symbian besutan Nokia. Saat ini, Android Beta mulai dipasarkan dan diterapkan pada handphone android pertama, yaitu HTC Dream.

3. Android Cupcake
Mengenal Versi Android

Diberi nama Cupcake karena selain urutan abjad ketiga, juga terinspirasi dari nama makanan manis. Android Cupcake dirilis pada 30 April 2009, dan mulai saat rilisnya sistem operasi ini, para peminat android mulai berdatangan. Tak mengherankan karena android merupakan sistem operasi yang terbuka.

4. Android Donut
Mengenal Versi Android

Di tahun yang sama setelah peluncuran Android Cupcake, Android Donut diluncurkan, tepatnya pada 15 September 2009. Hal ini dilakukan oleh pencipta karena terdapat bug pada Android Cupcake. Selain itu, terdapat adanya peningkatan yang cukup signifikan, sehingga sistem operasi dapat dijalankan pada handphone dengan layar berukuran lebar.

5. Android Eclair
Mengenal Versi Android

Pada 26 Oktober 2009, android kembali mengeluarkan sistem opersi baru yaitu Android Eclair. Hal ini disambut baik oleh Google karena Android Eclair menerapkannya pada handphone HTC Nexus One.

Peningkatan yang dilakukan yaitu sistem operasi ini mendukung multitouch, flash, bluetooth, optical zoom, live wallpaper, dan lainnya.

6. Android Froyo (Frozen Yoghurt)
Mengenal Versi Android

Satu tahun kemudian, tepatnya pada 20 Mei 2010, kembali diluncurkan sistem operasi baru bernama Android Froyo. Kehadiran Android Froyo mulai dilirik pasar handphone. Sayangnya, masih belum dapat menyusul sistem operasi Symbian milik Nokia dan Windows Phone milik Microsoft.

7. Android Gingerbread
Mengenal Versi Android

Dapat dikatakan, awal kesuksesan sistem operasi android dimulai dari Android Gingerbread ini. Karena berhasil membawa nama android di jagad ponsel. Terbukti dengan banyaknya developer handphone yang tertarik menggunakan sistem operasi ini, salah satunya adalah Samsung.

8. Android Honeycomb
Mengenal Versi Android

Sistem operasi Android Honeycomb dapat dikatakan dihadirkan khusus untuk perangkat tablet saja. Karena, peningkatkan yang terjadi adalah dapat digunakan untuk perangkat dengan layar berukuran lebar.

9. Android ICS (Ice Cream Sandwich)
Mengenal Versi Android

Android ICS hadir dengan membawa halaman bertatap muka yang paling elegan dan bisa disesuaikan. Dari Android ICS lah nama UI Interface hadir, dimana pengalaman pengguna lebih diutamakan. Selain itu, urutan versi android yang satu ini juga sangat stabil baik untuk ponsel maupun tablet.

10. Android Jelly Bean
Mengenal Versi Android

Pada versi sebelumnya, belum dilengkapi support jaringan internet dan kamera belakang pada tablet. Lalu kemudian Android Jelly Bean dihadirkan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya itu, Android Jelly Bean juga didukung kemampuan upgrade ke versi sebelumnya.

11. Android KitKat
Mengenal Versi Android

Android KitKat hadir untuk menyempurnakan versi android sebelumnya. Selain itu, KitKat juga didukung fitur canggih yang dibuat oleh seorang programmer Google. Syarat android dapat menggunakan sistem operasi KitKat adalah RAM minimal di atas 512 MB.

12. Android Lollipop
Mengenal Versi Android

Android Lollipop mengalami peningkatan dalam hal konsumsi daya lebih sedikit, penggunaan RAM yang bisa dioptimalkan, dan dukungan beberapa smartphone android lainnya.

Fitur tercanggih yang melekat pada urutan versi Android Lollipop ini adalah dukungan infrastruktur 64 bit yang memungkinkan smartphone android dengan RAM 3 GB dapat berjalan lancar.

13. Android Marshmallow
Mengenal Versi Android

Sistem operasi Android Marshmallow menghadirkan fitur swap memori eksternal ke internal. Ada juga fitur aman untuk memberikan pengalaman layaknya PC, fitur penghemat daya lebih stabil, perizinan khusus untuk membatasi akses aplikasi terhadap data dan keamanan pengguna.

14. Android Nougat
Mengenal Versi Android

Sistem Android Nougat hadir dengan perbaikan terhadap bug, keamanan jauh lebih canggih dan secure, serta pola konsumsi baterai terhadap kinerja CPU ditingkatkan.

15. Android Oreo
Mengenal Versi Android

Android Oreo hadir dengan pengalaman multitasking yang lebih lancar dan mampu meningkatkan kinerja CPU tanpa membebani RAM.

Itulah sejarah dan urutan sistem android dari awal hingga saat ini. Dari semua itu, manakah yang saat ini kamu pakai?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel