Cara Mengetahui Kerusakan Pada Jalur ON-OFF Saklar Handphone

Cara Mengetahui  Kerusakan Pada Jalur ON-OFF Saklar Handphone

Kali ini,  Kita akan menjelaskan jalur on-off saklar dengan contoh dari Hp Samsung Galaxy S3 yg dirilis bulan Mei 2012, dengan OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, 4.3 Jelly Bean. Karena di sini banyak pengguna yang masih bingung, bahkan tidak mengetahui fungsinya. Padahal, selain untuk on / off handphone, ada fungsi lain yang lebih banyak.

Jika terjadi kerusakan mati total pada jenis Samsung GT-i9300 Galaxy S3, terdapat langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut:


  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan cek tegangan pada baterai dengan menggunakan tester analog (TA).
  • Pada kondisi normal, tegangan pada baterai dapat mencapai 3,4 V. Jika tidak terdeteksi tegangan pada baterai, maka dapat disimpulkan bahwa kerusakan ini terdapat pada jalur V-Battery.
  • Jika kerusakan terjadi, pastikan konektor baterai dalam keadaan bersih atau tidak berkarat. Pastikan juga tidak ada karbon atau kotoran yang menempel.
  • Karena, kotoran atau karbonasi di permukaan konektor baterai dapat mengakibatkan adanya hambatan sehingga menghalangi arus listrik dari baterai ke handphone. Langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan pembersihan dengan tiner atau amril halus.
  • Kemudian, cek jalur v-bat, apakah konslet atau tidak, atau putus atau tidak. Melakukan pengecekan terhadap jalur positif dan ground konslet atau tidak. Yaitu dengan cara melakukan pengukuran dengan ohm meter, posisi pada 1x. Kemudian, lakukan pengecekan dengan meletakkan kabel positif ke konektor positif baterai dan kabel negatif diletakkan di ground.
  • Setelah itu, jarum pada ohm meter akan bergerak, namun tidak sepenuhnya seperti tidak ada hambatan. Ini menandakan kondisi masih normal.

Cara Mengetahui  Kerusakan Pada Jalur ON-OFF Saklar Handphone

Pada posisi kabel, seharusnya jarum hasil pengukuran tidak bergerak. Jika jarum pengukuran bergerak dan menunjukkan nilai hambatan, maka dapat dipastikan bawa handphone dalam keadaan short. Apalagi jika jarum bergerak ke angka nol ohm meter, artinya kaki positif baterai terhubung penuh dengan ground, yang mana secara otomatis tidak mungkin ponsel akan hidup.

Jika saklar on / off handphone ditekan, tapi tetap tidak menyala, apa yang harus dilakukan?


  • Yang harus dilakukan ketika saklar sudah ditekan namun tetap tidak menyala adalah dengan mengecek konektor SW600. Jika jalur konektor ON_SW terputus, maka dapat disimpulkan jalur ON_SW rusak.
  • Jika semua jalur di atas sudah dipastikan benar, maka kerusakan terjadi pada chipset. Kerusakan pada chipset biasanya terjadi apabila chipset terlalu panas, sehingga pin pada kaki chipset terputus. Chipset dan mainboard dihubungkan dengan timah, yang mana akan meleleh jika terkena panas. Solusinya adalah dengan me-rebald chipset tersebut.
  • Rebald adalah proses pembuatan pin atau rumah baru pada chipset supaya dapat terhubung dengan mainboard. Proses ini menggunakan sebuah cetakan sesuai dengan bentuk dan jumlah pin chipset yang rusak.
  • Setelah itu, langkah terakhir adalah melapisinya dengan timah cair. Timah ini berfungsi sebagai penghubung antara chipset dengan mainboard.

Kerusakan jalur on-off saklar juga dapat dihindari dengan pemakaian yang baik. Terkadang, kerusakan bisa diakibatkan oleh faktor eksternal. Misalnya ketika handphone sering terjatuh, hal ini menyebabkan komponen di dalam menjadi rusak dan terganggu.

Fungsinya pun akan menurun, karena komponen di dalamnya telah rusak. Dibutuhkan ketelitian dan kehati - hatian dalam memperbaiki. Jika kamu baru dalam hal ini da baru mengalaminya, sebaiknya baca buku petunjuk memperbaiki terlebih dahulu.

0 Response to "Cara Mengetahui Kerusakan Pada Jalur ON-OFF Saklar Handphone"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel