50 Masalah Umum Pada Smartphone Android Dan Cara Mengatasinya

50 Masalah Umum Pada Smartphone Android Dan Cara Mengatasinya

Meskipun canggih, smartphone android terkadang juga mengalami masalah. Mulai dari masalah yang disebabkan oleh software maupun hardware.

Berikut ini adalah 50 masalah umum pada smartphone android, diantara:

1. Cara Menghentikan Data Smartphone saat di Luar Negeri

Aplikasi yang dapat digunakan untuk menghentikan data diluar negeri adalah APNdroid. Aplikasi ini memungkinkan kita menonaktifkan semua koneksi data melalui widget pada homescreen.


2. Smartphone "Hang" dan tidak Merespon

Biasanya, hang bisa diatasi dengan mereset smartphone. Tapi, ada metode lain yaitu dengan aplikasi Fast Reboot. Dengan aplikasi ini, kita dapat mensimulasikan proses soft reset dan menutup proses yang berjalan dengan satu tap.

3. Tidak dapat Mendownload Aplikasi dari Google Play

Beberapa aplikasi di Google Play terkadang hanya diperuntukkan untuk smartphone dengan resolusi layar tertentu. Oleh karena itu, biasanya smartphone android dengan high-end lebih cenderung mendukung banyak aplikasi.

4. Wifi Smartphone Aktif tapi tidak dapat Konek ke Internet

Caranya adalah dengan masuk ke menu Wireless & Networks / Wifi Settings, lalu tekan tombol menu. Pilih "Advanced" dan ubah sleep policy menjadi "Never".

5. Mengatasi Memori Smartphone yang Cepat Habis

Biasanya, yang menyebabkan memori cepat penuh adalah cache dari aplikasi yang kita jalankan. Kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache. Selain itu, dapat juga memanfaatkan memori eksternal untuk melakukan penyimpanan.

6. Cara Memonitor Penggunaan Data

My Data Manager adalah solusi yang tepat untuk memantau berapa banyak penggunaan data smartphone. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi ketika kita telah mencapai tingkat tertentu, sehingga tagihan internet tidak akan membengkak.

7. Keyboard Sulit Digunakan

Jika keyboard smartphone tidak dapat digunakan, dapat menggunakan cara Slidelt. Slidelt dilakukan dengan cara menggeser jari diantara huruf yang akan kita ketikkan. Alternatif lain adalah dengan Swype.

8. SD Card tidak Terbaca

Jika SD Card tidak terbaca, kamu dapat membersihkan SD card terlebih dahulu, karena bisa jadi tidak terbaca karena kotor. Jika masih tidak dapat terbaca, kamu dapat memformat terlebih dahulu di komputer, maka SD card akan terbaca oleh smartphone.

9. Layar Sulit Terlihat ketika di bawah Sinar Matahari

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberi pelindung layar anti silau pada layar smartphone. Atau kamu juga dapat menaikkan kecerahan layar.

10. Game Berjalan Lamban

Beberapa smartphone dengan harga murah relatif memiliki prosesor yang lambat, sehingga game pun berjalan lambat. Jika kamu membeli smartphone dengan tujuan untuk bermain game, carilah smartphone dengan spesifikasi tinggi sehingga lancar digunakan bermain game.

Terkadang, game berjalan lambat karena belum diupdate. Kamu dapat melakukan update pada game.

11. Cara Menghapus Aplikasi

Klik Settings, kemudian Applications, lalu cari Manage Applications. Pilih aplikasi yang akan diuninstall, setelah itu klik ikon uninstall. Jangan lupa untuk menjalankan aplikasi pembersih cache sehingga tidak ada file cache yang tertinggal.

12. Apa yang Harus Dilakukan ketika Layar Retak?

Sebagian smartphone memiliki bagian yang tersedia dari berbagai pemasok. Kamu dapat melakukan penggantian layar, namun harus dipastikan asli sebelum membeli.

13. Ketika Layar Terkunci, Loading sangat Lama setelah Memasukkan Password

Kamu dapat mengganti password supaya lebih cepat dan aman. Caranya dengan masuk ke menu Settings, lalu klik Security, kemudian Set Up Screen Lock.

14. Lokasi di Peta tidak Akurat

Klik menu Settings, lalu klik Location dan pastikan bahwa pilihan Use GPS satellites sudah diberi tanda cek.

15. LED terus Berkedip

Untuk menghentikan lampu LED yang sering berkedip, kamu dapat mengaturnya di menu Settings, lalu Display, kemudian pilih Notification flash dan hilangkan tanda cek pada semua opsi.

16. Membersihkan dan Menghapus Data Smartphone hingga Bersih

Kamu dapat menggunakan opsi Factory Data Restore dengan mengakses menu Settings, kemudian SD & Phone Storage. Kamu dapat melakukan proses ini sebanyak dua kali untuk memastikan semua terhapus bersih.

17. Google Play tidak dapat Digunakan pada Tablet

Hal ini kemungkinan terjadi karena sistem operasi android yang digunakan belum diupgrade. Bisa juga karena hardware tablet terlalu lambat untuk dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

18. Buku Kindle terlihat Kacau di Tablet

Ini bisa dikarenakan ROM kustom yang ada di tablet atau smartphone. Kamu dapat menggunakan ROM standard untuk dapat membaca buku Kindle dengan baik.

19. Smartphone Tercebur ke dalam Air

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melepas baterai dan mengeringkan baterai dengan hair dryer. Supaya komponen smartphone tidak meleleh, sebaiknya hair dryer tidak terlalu dekat dengan smartphone. Setelah itu, diamkan smartphone dalam kondisi terlepas dari baterai selama 72 jam di tempat kering. Kemudian coba nyalakan kembali.

20. Membuat Ukuran Huruf di Smartphone Lebih Besar

Caranya adalah dengan membuka menu Settings, kemudian pilih Display, lalu klik Font Size. Kamu dapat mengatur ukuran huruf sesuai dengan yang kamu inginkan.

21. Update Aplikasi Otomatis

Masuk pada Google Play, klik Settings, lalu pilih Auto Update Apps.

22. Kemana Perginya Aplikasi yang Sudah Dibeli?

Jika kamu telah mengganti smartphone dan melakukan recover email amun aplikasi tidak muncul di smartphone baru, periksa kembali apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan smartphone baru. Apabila tetap tidak muncul meskipun sudah diupdate, bisa saja terjadi karena smartphone tidak terasosiasi dengan akun Gmail. Kamu dapat menghubungi support Google Play.

23. Mengatur Usia Minimum Aplikasi

Di Google Play, pilih Settings, lalu Content Filtering. Di sana kamu dapat menentukan konten seperti apa yang akan muncul di smartphone.

24. Touchscreen tidak Akurat

Kamu dapat melakukan soft eset, hard reset, bau kemudian menghubungi pihak support untuk memperbaikinya.

25. Menyembunyikan History Pencarian

Kamu dapat mengaturnya pada browser Chrome, kunjungi www.google.com/history, lalu login dengan akun Google milikmu. Kemudian kamu dapat mengatur supaya Google tidak menyimpan history.

26. Cara Mengambil Screenshot

Setiap smartphone memiliki cara berbeda - beda. Tapi ada cara lebih mudah, yaitu dengan download aplikasi Screenshot Ultimate dari Google Play.

27. Cara Download Musik Langsung dari Smartphone

Kamu dapat download langsung dari Amazon MP3 yang dapat diunduh dari Google Play.

28. Tidak dapat Update OS Android Terbaru

Jika tidak dapat update ke sistem operasi android terbaru, bisa jadi karena smartphone tidak kompatibel untuk diupgrade.

29. Provider tidak dapat Memberikan Akses untuk Melakukan Tethering

Jika tidak bisa tethering, kamu dapat menggunakan aplikasi untuk tethering. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menyamarkan smartphone supaya provider tidak mengetahui bahwa smartphone digunakan untuk tethering.

30. Aplikasi tidak dapat Diinstall di SD Card

Kamu dapat memindahkan aplikasi secara manual ke SD Card dengan fitur Manage Application di menu Settings, lalu Aplications.

31. Cara Mengganti Bahasa pada Smartphone

Masuk ke menu Settings, lalu klik Language & Keyboard, lalu pilih bahasa yang diinginkan. 

32. Cara Menghapus Aplikasi yang sudah Default

Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Apps. Setelah itu, pilih aplikasi yang akan diuninstall. Misalnya jika ingin menghapus Google+, maka dapat memilih Uninstall Updates, lalu opsi Uninstall akan muncul, setelah itu klik opsi tersebut.

33. Cara Mempercepat Kinerja Android

Kamu dapat menggunakan aplikasi seperti SetCPU untuk mempercepat ponsel dengan melakukan overclocking prosesor smartphone.

34. Cara untuk Backup Smartphone

Dapat menggunakan aplikasi backup, seperti App Backup & Restore, AppMonster, dan Helium.

35. Mencegah Virus Menyerang Smartphone

Cara terbaik adalah dengan memiliki antivirus pada smartphone. Kamu dapat menginstall aplikasi antivirus, seperti Avast Mobile Security.

36. Volumen Smartphone Terlalu Kecil

Jika volume terlalu kecil, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama AudiBoost. Aplikasi ini dapat meningkatkan volume suara hingga 30%.

37. Mengubah Tampilan Smartphone tanpa Mengganti ROM

Aplikasi LauncherPro dapat membuat tampilan smartphone lebih unik dengan fitur efek 3D tanpa harus mengganti ROM

38. Wallpaper terlalu banyak Menghabiskan Baterai

Cara supaya baterai tidak cepat habis karena wallpaper adalah dengan menggunakan wallpaper statis.

39. Jam Smartphone Berubah - ubah

Masuk ke menu Settings, kemudian pilih Date & Time, dan hilangkan tanda cek dari kotak "Automatic" di bagian atas.

40. Memblokir Nomor Telepon

Kamu dapat menggunakan aplikasi Extreme Call Blocker Droid untuk memblokir nomor telepon.

41. Ponsel Sering Lemot

Gunakan aplikasi Clean Master untuk menghapus data peninggalan aplikasi yang pernah diinstall atau aplikasi yang tidak penting. Cara lain adalah dengan memantau penggunaan memory RAM, dengan menggunakan aplikasi Memory Usage.

42. Tidak dapat Mengakses SD Card ketika Dihubungkan ke PC

Jika smartphone sudah di root, maka dapat menggunakan aplikasi seperti Multi Mount SD-Card untuk mengakses SD Card baik dari PC maupun smartphone disaat bersamaan.

43. Melacak Smartphone yang Dicuri

Sebelum hal buruk itu terjadi, kamu dapat menginstall aplikasi pelacak lokasi smartphone. Seperti aplikasi Phone Locator dan Find My Phone.

44. Tidak dapat Menggunakan iTunes di Smartphone

Kamu dapat menggunakan aplikasi Double Twist Air Sync, yang memungkinkan untuk sinkronisasi media antara iTunes dengan smartphone.

45. Cara Menutup Aplikasi yang Hang

Masuk ke menu Settings, lalu Apps, kemudian pilih Manage Applications. Pilih aplikasi yang hang dan pilih Force Stop.

46. Cara Menutup Aplikasi yang sedang Berjalan dengan Cepat

Advanced Task Manager dapat digunakan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cepat.

47. Smartphone tidak dapat Terhubung ke PC dengan USB

Masuk ke website produsen smartphone untuk mencari driver yang dibutuhkan.

48. Layar Mati ketika Charging

Masuk ke menu Settings, lalu Apps, lalu pilih Development dan tick bagian "Stay Awake" untuk membuat layar tetap menyala ketika dicharging.


49. Cara Mengetahui Update Terbaru yang dapat dilakukan oleh Smartphone

Masuk ke menu Settings, lalu buka About Phone, pilih System Software Updates, lalu pilih Check Now untuk memeriksa apakah ada versi android yang lebih baru dan tersedia untuk smartphone milikmu.


50. Mengatasi Fitur Unlock Slide

Kamu dapat menghindarinya dengan cara tap tombol menu dua kali.


Dari 50 masalah di atas, manakah yang pernah kamu rasakan? Semoga artikel ini dapat membantu anda yang mengalami masalah dengan Smartphone Android. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel