Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Tak dapat dipungkiri, Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh seluruh dunia. Bahkan, Indonesia sendiri menempati posisi ke empat terbanyak pengguna Facebook aktif.

Banyaknya pengguna Facebook bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan Facebook dapat digunakan untuk banyak hal. Selain sebagai sarana bersosialisasi, Facebook juga dapat menjadi marketplace.

Tak sedikit pengguna Facebook yang melakukan jual beli dari Facebook. Melalui grup jual beli, fanspage, ataupun sharing melalui profil pribadi. Meski cara tersebut dinilai efektif dan mudah, kini Facebook semakin memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan jual beli, dengan adanya Facebook Marketplace.

Baru - baru ini, Facebook kembali merilis fitur baru bernama Facebook Marketplace. Di Indonesia, baru beberapa wilayah yang dapat menikmati fitur ini. Hal ini dikarenakan, Facebook sengaja merilisnya secara bertahap.

Fitur Facebook Marketplace ini hanya dapat digunakan melalui aplikasi Facebook untuk smartphone. Jadi, jika kamu ingin mencoba fitur ini, kamu harus mendownload dulu Facebook untuk smartphone.

Seperti namanya, fitur Facebook Marketplace ini secara khusus menjembatani penjual dan pembeli dalam satu wadah yang lebih nyaman, komplit, dan terfokus. Dan tentunya, Facebook Marketplace ini lebih rapi dan teratur daripada penjualan melalui grup jual beli.

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Tips Berjualan di Facebook Marketplace : 

 

Tentunya, kamu harus mengetahui cara menjual barang melalui Facebook Marketplace ini. Dan inilah tahapannya:

  1. Pada aplikasi Facebook mobile, klik menu utama Facebook di kanan atas, atau langsung klik menu marketplace di ikon bagian atas.
  2. Setelah masuk ke fitur marketplace, klik tombol "Sell". 
  3. Facebook akan menampilkan empat opsi produk secara default. Empat opsi tersebut yaitu Items, Vehicles, Housing for rent / sale, dan Jobs. Jika kriteria produk yang akan kamu jual tidak ada di sana, kamu dapat memilih opsi Items. Di opsi Items ini nantinya akan banyak kategori yang tersaji. 
  4. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada halaman pengisian formulir. Isi semua formulir yang diminta, diantaranya foto, judul, deskripsi, serta pilih kategori barang yang akan dijual. 
  5. Setelah postingan produk dagangan dibuat, langkah selanjutnya kamu dapat langsung mem-post barang daganganmu. Facebook Marketplace akan memberikan opsi, apakah daganganmu hanya tampil di marketplace, atau bisa juga tampil di profile serta grup Facebook yang kamu ikuti. Kamu dapat mencentangnya, dan kemudian meng-klik tombol Post. Jika hanya ingin tampil di marketplace, klik tombol Skip
  6. Setelah berhasil dibuat, kamu dapat menemukan menu Your Items yang akan menampilkan beberapa menu. Diantaranya Selling (berisi barang dagangan), Buying (berisi daftar barang yang pernah dibeli), Saved (lapak yang disimpan), dan Following (lapak yang diikuti). 
  7. Di menu Selling, kamu dapat menemukan daftar daganganmu dan menglolanya.

Punya barang dagangan saja tidaklah cukup. Kamu tentu berharap barang daganganmu laku, bukan?

Berikut ini tips berjualan di Facebook Marketplace supaya dapat menjangkau pasar yang tepat:

  • Gunakan foto produk yang real pict atau foto asli dari barang dagangan. Selain itu, gunakan beberapa angle foto dalam satu produk. Sehingga dalam satu produk dapat terdiri dari beberapa foto. Usahakan juga foto yang kamu tampilkan jelas. 
  • Bagikan produk jualanmu dari Facebook Marketplace ke grup yang tepat. Manfaatkan fitur Facebook Marketplace untuk menunjang promosimu.
  • Tetapkan lokasi yang tidak terlalu jauh dari pasar sasaran kamu. Gunakan rentang jarak maksimal 8 - 10 mil saja.

Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Berjualan di Facebook Marketplace"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel