Mau Kaya dari Youtube? Inilah Tips Menghasilkan Uang dari Youtube!

Lapangan pekerjaan saat ini tidak monoton seperti dulu. Dulu orang dianggap bekerja kalau setiap hari pergi ke kantor, dan mengenakan seragam rapi. Saat ini, definisi bekerja tidak sesempit itu, bahkan duduk di rumah dan menghasilkan uang pun dapat dikatakan bekerja.

Salah satu lahan pekerjaan yang saat ini sedang booming adalah Youtube. Situs video ini dapat menghasilkan uang untuk para Youtuber yang mengunggah video. Bahkan, hasil dari unggahan video di Youtube pun tidak main - main. Puluhan hingga ratusan juta dapat dikantongi oleh seorang Youtuber.

Tips Menghasilkan Uang dari Youtube

Untuk kamu yang tertarik menghasilkan uang dari Youtube, kamu dapat mengikuti tips di bawah ini:


1. Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Google Adsense 

Adsense adalah layanan dapat memonetisasi video Youtube. Untuk dapat dimonetisasi atau diuangkan, Youtube memiliki layanan khusus bernama YouTube Partner Program (YPP). Layanan ini memungkinkan para content creator memonetisasi video yang mereka upload.

Untuk dapat menggunakan AdSense, tentu caranya tidak mudah. Sejak 16 Januari 2018 lalu, ada syarat yang harus dipenuhi supaya monetisasi berjalan lancar. Yaitu channel harus memiliki minimal 4.000 jam waktu nonton, dengan 1.000 subscriber selama 12 bulan terakhir.

Setelah sukses, kamu tidak bisa langsung menikmati hasil dari AdSense. Video yang kamu upload masih harus ditinjau oleh Youtube secara manual untuk menguji kelayakan. Setelah dirasa layak, maka videomu bisa diberi iklan oleh Youtube.

2. Membuat Video yang Banyak Disukai

Meskipun video kamu sudah disetujui YouTube, jangan langsung terlena. Kamu tetap harus membuat video yang banyak disukai oleh viewers. Kamu dapat melakukan riset mengenai video yang sedang hangat dibicarakan. Jadi, mengikuti trend itu sangat penting. Atau kamu juga dapat mengkhususkan videomu dengan tema tertentu, misalnya horor, game, atau beauty.

3. Affiliate Marketing

Kamu dapat melakukan affiliate marketing dengan memberikan link marketplace di kolom deskripsi videomu. Ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki konten video berupa unboxing, review produk, atau sejenisnya.

Kamu dapat melakukan afiliasi dengan toko online atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan lainnya. Buat viewers mau mengklik link yang kamu bagikan.

Pihak marketplace yang link tokonya kamu sematkan dalam kolom deskripsi, akan membayarmu sejumlah uang sebagai jasa promosi yang kamu lakukan melalui videomu.

4. Menjalin Sponsorship

Menjalin sponsorship hampir sama dengan affiliate marketing. Konten video yang kamu buat berisi bahasan mengenai produk dari sponsor. Tujuan kamu membuat konten video ini supaya viewers membeli produk yang kamu jadikan video.

Namun kesulitannya, adalah negosiasi awal dengan pihak sponsorship. Kamu harus dapat meyakinkan pihak tersebut supaya mau mempromosikan produknya melalui videomu.

5. Menjual Marchendise

Adsense bukanlah 100% sumber penghasilanmu melalui Youtube. Jika sudah banyak viewer dan subscriber, kamu dapat menjual marchendise yang menggambarkan channelmu. Misalnya kaos, hoodie, ataupun barang lain yang memiliki tema seperti videomu.

Bagaimana caranya sangat mudah, bukan?


Namun selain tips menghasilkan uang dari Youtube tersebut, kamu juga perlu mengetahui istilah monetisasi Youtube CPM maupun RPM.

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille, yang dalam bahasa Latin artinya adalah 'per seribu'. Rumus perolehan uang yaitu CPM x (total impresi/1.000). Maksudnya, total viewers dibagi dengan 1.000, karena harga CPM 1$ per 1.000 tayangan.

Misalnya memiliki 1000 views, maka kira - kira mendapatkan Rp 10.000. 1.000.000 views mendapatkan kurang lebih Rp 10.000.000. Perolehan juga dipengaruhi oleh impressions, waktu ditonton, jenis konten, gender, visitor, bahkan bahasa yang digunakan pun mempengaruhi perolehan.

Sementara RPM (Revenue per thousand impressions), dimana Youtube mengambil potongan 45% dari pendapatan iklanmu dari keseluruhan total RPM.

0 Response to "Mau Kaya dari Youtube? Inilah Tips Menghasilkan Uang dari Youtube!"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel