Ingin jadi Youtuber? Inilah Tips Mudah Buat Channel Youtube untuk Pemula

Saat ini, Youtube sudah menjadi hiburan utama bagi sebagian besar pengguna internet. Di dalamnya, kita dapat menonton segala macam video dan musik. Bahkan, acara TV pun dapat ditayangkan di Youtube.

Tidak ingin hanya menonton, saat ini banyak orang yang ingin terlibat di Youtube atau menjadi bintang di Youtube, biasa disebut sebagai Youtuber. Menjadi Youtuber profesional tidak bisa dianggap remeh, karena penghasilannya pun sangat menjanjikan. Namun sebelum menjadi Youtuber, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat channel Youtube.

Tips Mudah Buat Channel Youtube

Membuat channel Youtube sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti cara di bawah ini saja!


Inilah tips membuat channel Youtube:


  • Karena Youtube milik Google, pastikan kamu telah memiliki akun email Google berupa gmail.com. Akun Google ini digunakan untuk login di Youtube.
  • Login ke akun Youtube menggunakan akun Google tadi. Setelah itu klik akun Youtube di bagian kanan atas, lalu klik ikon yang berbentuk “gear” yang ada di samping kanan.
  • Setelah klik ikon gear, kamu akan dibawa pada halaman dashboard. Di sinilah kamu akan membuat channel Youtube.
  • Di halaman dashboard, klik tulisan “Add New Channel” atau “Buat Channel Baru”.
  • Setelah itu, klik “Buat Channel Baru”.
  • Beri nama channel Youtube yang akan dibuat, setelah itu klik “Buat”.
  • Channel Youtube kamu berhasil dibuat! Setelah itu, kamu dapat mengupload video dengan melakukan klik pada tombol “Unggah”.
  • Supaya lebih menarik, kamu dapat mengatur “Sesuaikan Channel”. Kamu dapat menambahkan deskripsi channel, header channel, lengkap dengan foto profil.


Selain menggunakan komputer atau laptop, kamu juga dapat membuat channel Youtube dengan menggunakan smartphone android. Caranya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Youtube yang ada di smartphone.
  • Setelah itu, login menggunakan akun Youtube atau akun Google. Kalau smartphone sudah terintegrasi dengan akun Google kita, maka otomatis Youtube juga sudah login ke akun Google milik kita.
  • Setelah login, klik pada ikon profil akun Youtube yang ada di pojok kanan atas.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih “My Channel” untuk memulai membuat channel Youtube.
  • Sama seperti menggunakan komputer, berikan nama channel dengan mengisi First Name dan Last Name, lalu klik “Create Channel”.
  • Untuk mengatur channel, kamu dapat meng-klik ikon berbentuk gear.

Dan channel Youtube milikmu selesai dibuat!

Langkah selanjutnya untuk dapat menjadi Youtuber, tentu kamu harus mengupload video. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hal lain supaya banyak orang yang menonton video di channel Youtube mu.

Inilah tips menjadi Youtuber untuk pemula:


1. Tentukan Konten Video

Mengupload video jangan hanya asal upload. Kamu perlu menentukan konten video yang akan kamu gunakan. Dan tidak lupa, tentukan siapa target sasaran dari videomu.

2. Bangun Subscriber Channel dengan Natural
Subscriber adalah orang – orang yang menyukai videomu dan mereka akan menjadi penonton setia dari videomu. Semakin banyak subscriber, semakin banyak pula viewer channel Youtube milikmu.

Cara supaya banyak subscriber adalah membuat video yang berkualitas. Buat juga sesuatu yang relevan dengan penonton. Dan yang terpenting, jangan melakukan spamming karena Youtube tidak menyukainya.

3. Kolaborasi dengan Youtuber Lain

Kamu dapat melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain atau temanmu yang lebih berpengalaman, supaya mudah membangun subscriber.

4. Optimasi Tampilan dan Deskripsi Channel Youtube

Yang terpenting selain video, buatlah deskripsi channel yang menarik. Pasang gambar menarik di bagian home, jika perlu buat trailer video.



Selamat Berkreasi!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ingin jadi Youtuber? Inilah Tips Mudah Buat Channel Youtube untuk Pemula"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel