Bikin Penasaran! Simak Bocoran Tentang Fitur Android Q Yang Terbaru

Fitur Android Q
Memasuki awal tahun baru, informasi tentang sistem operasi Android terbaru mulai kembali hangat. Terdapat bocoran terkait sistem operasi Android teranyar, yaitu fitur Android Q akan menambahkan beberapa peningkatan fitur.

Meskipun Android saat ini belum juga diadopsi secara massal, namun saat ini tim pengembang Google juga dilaporkan sedang sibuk membangun Android Q. Mengutip dari GSM Arena, Jumat, bocoran terkait pengembangan fitur versi paling awal dari OS Google tersebut datang dalam versi uji coba atau Beta pada Google Pixel 3 XL serta beberapa fitur-fitur baru.

Berikut bocoran fitur Android Q terbaru yang sedang di kembangkan oleh pengembang Google :


  • Dark Theme Untuk Seluruh Antarmuka

Pertama, akan disediakannya fitur Dark Theme untuk seluruh antarmuka. Fitur ini berupa pengaturan yang dapat diatur pada waktu - waktu tertentu dalam sehari maupun diatur menjadi tetap secara permanen.

Hal menariknya, akan terdapat juga opsi lain untuk bisa membuatnya dapat diaplikasikan kepada aplikasi - aplikasi pihak ketiga yang tidak menyediakan mode gelap.

Dilansir dari laman XDA Developers, pengembang telah mencoba dark theme ini pada beberapa aplikasi, termasuk Facebook, yang ternyata dirasa cukup baik untuk takaran versi beta pertama.

Fungsi dark theme juga akan bisa digunakan pada versi Android sebelumnya, yaitu Android Pie. tema pada layar smartphone kamu akan dapat juga diubah dari cerah atau gelap, namun pada Android Pie ini tema gelap hanya mentok dapat diterapkan sampai sebatas ke bagian notifikasi serta peluncur aplikasi saja. 

Akan tetapi pada Android Q, tema mode gelap itu akan dapat diaplikasikan jauh lebih luas, bisa diterapkan pada menu pengaturan, aplikasi - aplikasi hingga pada peluncur aplikasi. 

  • Mode Desktop Yang Mirip Samsung Dex.

Mengutip dari Antaranews.com, pembangunan OS tersebut tertanggal pada pekan lalu yang bersamaan dengan di rilisnya patch keamanan pada Februari 2019 nanti. Cukup banyak fitur yang hilang saat ini, namun akan terdapat sejumlah fitur baru tentunya.

Google saat ini tampaknya sedang menggodok fitur semacam Samsung DeX, akan tetapi, menurut XDA Developers, fitur ini ternyata tidak akan berfungsi secara penuh pada pengembangan awal.

  • Menu Izin

Akan adanya perubahan juga pada Menu izin yang memungkinkan pengguna bisa mengontrol lebih besar untuk akses kepada aplikasi – aplikasinya dengan real-time. Contohnya, pengguna akan dapat melihat izin pada masing-masing aplikasi dengan terpisah serta mematikan mikrofon maupun GPS jika diperlukan.

Selain itu, pembaruan fitur inipun akan dapat mempermudah pengguna untuk mencopot dan menutup aplikasi. Sementara, informasi terkait aplikasi mana saja yang saat ini mengakses lokasi pengguna akan ditemukan di bagian notifikasi. Kamu tinggal mengetuk ikon yang akan membawa ke menu izin.

  • Mode Desktop

Bocoran XDA Developers yang selanjutnya menunjukkan, pada versi terbaru akan dihadirkan opsi mode desktop. Dengan mode ini pengguna Android bisa menikmati tampilan layar smartphone di desktop. Namun XDA Developers mengaku tak menjamin fitur ini bakal muncul di Android Q.

  • Keamanan Pengguna

Perubahan fitur lain yang akan hadir di Android Q yaitu, Google akan semakin memperketat lagi urusan privasi. Google akan merubah terkait bagaimana perizinan kepada setiap pengguna Android.

Menurut XDA Developers, izin dalam akses lokasi akan dibatasi hanya saat aplikasi sendang digunakan. Lalu pada menu pengaturan, pengguna juga dapat melihat grafik penggunaan izin akses.


Cukup menarik bukan jenis Fitur Android Q terbaru? Yuk langsung saja coba beberapa fitur tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel