Perlu Kita Ketahui! Inilah Perbedaan Siri dan Google Assistant

Perbedaan Siri dan Google Assistant

Persaingan dalam dunia pemberian kontrol dengan suara pada smartphone memang sudah biasa terjadi. Contoh dari persaingan tersebut yang sangat ketat yaitu Siri yang dimiliki oleh Apple dan Google Assistant yang dimiliki oleh Microsoft. Kamu perlu untuk memahami perbedaan Siri dan Google Assistant sebelum menggunakan salah satu di antara keduanya.

Sudah pasti setiap sistem suara tersebut akan memiliki keunggulan dan juga kelemahan masing-masing. Apa saja keunggulan dan kelemahan masing-masing dapat dilihat sebagai berikut.


Beberapa Perbedaan Siri dan Google Assistant

Kedua panduan melalui suara tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Sudah pasti kamu memahami background dari kedua perusahaan yang mengembangkan perangkat tersebut sama-sama kuat dalam hal bisnis internet maupun elektronik, seperti smartphone. Beberapa informasi yang lebih mendetail mengenai perbedaan siri dan Google Assistant dapat kamu akses di bawah ini.


1. Siri Lebih Cepat dan Akurat Dalam Merespon

Kata kunci yang digunakan untuk mengaktifkan panduan suara Siri dari Apple yaitu “Hey Siri”. Sedangkan untuk mengaktifkan Google Assistant kamu perlu untuk menyebutkan “okay Google”. Keduanya akan segera merespon melalui suara. Bila kamu memutuskan untuk memberikan perintah yang cukup sederhana, maka Siri akan dapat merespon dengan lebih cepat.

Google Assistant cenderung untuk melakukan riset terlebih dahulu dengan mengakses database dari pencarian Google. Jadi dalam hal akurasi dan kecepatan dalam merespon, maka Siri dapat melakukan dengan lebih baik.

2. Google Assistant Merespon Pertanyaan Yang Rumit

Asisten digital Google Assistant akan dapat melakukan berbagai macam pertanyaan yang rumit, karena memang didukung oleh mesin pencarian Google. Kamu juga akan dapat mengajukan pertanyaan yang rumit, kemudian asisten digital Google Assistant akan memberikan jawaban yang mendetail dan juga memberikan saran mengenai website yang berkaitan dengan pertanyaan Kamu.

Bila Kamu menanyakan pertanyaan yang rumit kepada Siri, maka Siri hanya akan membuat Kamu membuka mesin pencarian tanpa memberikan jawaban sama sekali. Misalkan saja Kamu menanyakan mengenai “Siapa pemenang dari Grand Prix Bahrain?”, dengan sederhana Siri akan menjawab “Maaf, Saya tidak memiliki informasi mengenai hal tersebut sama sekali”.

3. Google Assistant Memahami Percakapan Sesuai Konteks
Perbedaan Siri dan Google Assistant yang selanjutnya yaitu dalam hal memahami konteks percakapan. Misalkan saja, Kamu bertanya pertama kali mengenai acara English Premier League Champions. Selanjutnya Kamu mengajukan pertanyaan mengenai “Siapa pelatih mereka ?”.

Maka Google Assistant akan menjawab pelatih dari Manchester City, karena tim tersebut yang memenangkan pertandingan dalam kejuaraan tersebut. Jadi, asisten digital ini akan dapat memahami apa yang Kamu maksud dari percakapan sebelumnya.

4. Respon Terhadap Berbagai Permintaan Pengguna Terkait Musik dan Audio

Bila Kamu menyukai suatu jenis musik, maka Kamu bisa meminta untuk dicarikan musik serupa oleh Google Assistant. Kamu akan mendapatkan video dari jenis musik yang Kamu sukai melalui navigasi pencarian Google. Kamu juga akan dapat memerintahkan untuk memainkan musik tersebut.

Beralih ke Siri, bila Kamu memutuskan untuk melakukan permintaan mnegenai suatu video, maka Siri tidak akan dapat memenuhi permintaan Kamu tersebut. Jadi dalam hal respon terhadap berbagai permintaan pengguna yang berkaitan dengan musik dan audio yaitu Google Assistant.

5. Pengiriman Pesan Kepada Pasangan Kamu

Mengirimkan pesan kepada pasangan saat sedang tidak dapat pulang akibat lembur kerja merupakan suatu keharusan. Bagi Kamu yang menggunakan Siri, Kamu akan dapat melakukannya meskipu nama kontak dalam smartphone Kamu adalah nama aslinya dan bukan secara spesifik tulisan “Istri” maupun “Suami”.

Dalam hal ini, Google Assistant belum dapat membuat keputusan seperti itu. Jadi Kamu yang menggunakan Google Assistant harus mengubah nama pada kontak terlebih dahulu dengan nama “Istri” atau “Suami”.

0 Response to "Perlu Kita Ketahui! Inilah Perbedaan Siri dan Google Assistant"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel