Trik Rahasia Android Supaya Smartphone Berfungsi Lebih Optimal

Rahasia android supaya smartphone berfungsi optimal
Media Manfaat - Bukan hal yang aneh jika saat ini pengguna smartphone semakin banyak, dan kebanyakan mereka adalah pengguna iOS android, bukan iPhone. Karena, selain harganya lebih murah daripada iPhone, android juga lebih mudah untuk dikustom.

Sayangnya, kebanyakan pengguna android belum paham bagaimana cara meng-kustom smartphone, jadi fungsinya kurang optimal. Supaya lebih optimal dan terasa canggihnya, sobat perlu tahu tips rahasia android supaya smartphone berfungsi lebih optimal.

Inilah tips rahasia android supaya smartphone sobat berfungsi lebih optimal:

1. Menyembunyikan File dan Aplikasi tanpa Aplikasi lain

Di android Lollipop, sobat bisa menyembunyikan aplikasi rahasia tanpa aplikasi lainnya. Sobat bisa membuat guest mode atau mode lain, jadi file dan aplikasi rahasia dapat disimpan dengan aman.

Cara menyembunyikannya, sobat bisa menuju ke Settings – User. Setelah itu, klik Add User. Kemudian, sobat akan dibawa ke tampilan baru smartphone. Di dalam user baru ini, sobat bisa menambahkan akun Google yang berbeda, menginstal aplikasi, serta menyimpan file dengan aman. Aplikasi yang sobat simpan di user baru tidak akan muncul di user lama.

2. Mempercepat Android yang sedang Nge-lag

Untuk mempercepat android yang sedang nge-lag, sobat tidak perlu melakukan root. Caranya adalah dengan masuk ke Developer Options pada android, kemudian mengubah semua angka Animation Scale. Caranya adalah dengna masuk ke menu SettingsDeveloper OptionsAnimation Scale. Disini, sobat bisa memilih besaran animation scale supaya android tidak lemot lagi.

3. Tentukan Aplikasi Default

Ketika pertama kali membeli android baru, pasti kamu tidak akan mendapatkan smartphone android yang kosong, dan pasti sudah ada aplikasi di dalamnya. Namun terkadang, aplikasi yang sudah ada tidak sobat gunakan, tapi justru menggunakan aplikasi lain. Seringkali, aplikasi lainnya memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi default. Oleh karena itu, sobat perlu menetapkan aplikasi default yang digunakan supaya dapat menghemat memori.

4. Menghemat Baterai

Tidak perlu download aplikasi, tips supaya smartphone android sobat berfungsi optimal adalah dengan mengaktifkan fitur battery saver. Dengan battery saver, sobat dapat menghemat baterai ketika hampir habis.

5. Pantau Penggunaan Data

Selain menghemat baterai, sobat juga dapat menghemat pemakaian kuota, sehingga tidak perlu khawatir kuota jebol. Caranya adalah dengan memantau melalui menu SettingsData Usage.

6. Disable Aplikasi yang tidak Digunakan

Pada smartphone android, selalu ada aplikasi bawaan. Namun, aplikasi ini biasanya jarang digunakan dan sulit untuk menghapusnya. Padahal, aplikasi ini pun menyedot daya baterai dan kuota. Oleh karena itu, ada baiknya sobat men-disable aplikasi tersebut. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings – Apps, kemudian cari aplikasi mana yang akan di disable.

7. Multitasking dengan berbagai Aplikasi

Untuk mempersingkat waktu ketika membuka suatu aplikasi, sobat bisa gunakan cara multitasking. Gunakan tombol Recent Apps ketika sobat ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

8. Gunakan Google Search

Bagaimana sobat mencari aplikasi yang ada di smartphone sobat? Membuka smartphone lalu mencarinya satu per satu? Cara ini dapat dibilang terlalu lama, bahkan kurang efisien. Apalagi jika sobat ingin mencari secara cepat.

Cara cepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Google Search. Android dikembangkan oleh Google, jadi semua aplikasi Google pasti sudah tersematkan di android. Di sini pun terdapat Google Search, dimana cara ini memungkinkan sobat mencari aplikasi di android dengan mudah. Jadi, tidak perlu mencari satu per satu lagi.

Yuk sobat, coba tips untuk mengoptimalkan smartphone android ini, dijamin sobat akan lebih puas dengan smartphone yang sobat miliki!

0 Response to "Trik Rahasia Android Supaya Smartphone Berfungsi Lebih Optimal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel