Tips Melihat Password Yang Tersembunyi Di Balik Tanda Titik

Tips Melihat Password Yang Tersembunyi Di Balik Tanda Titik
Tips Melihat Password Yang Tersembunyi Di Balik Tanda Titik

Mediamanfaat.com - Saat ini, keamanan di sebuah media online lebih rumit supaya lebih aman. Seperti halnya ketika login di email, sosial media, atau portal online lainnya, sobat akan dimintakan konfirmasi baik melalui nomor handphone, atau berbagai pertanyaan keamanan yang sobat gunakan untuk mendaftar.

Biasanya, password yang sobat ketikkan akan berubah menjadi tanda bintang atau lingkaran kecil / titik. Hal ini dimaksudkan supaya orang yang berada di sekitar sobat tidak dapat melihat password yang sobat ketikkan.

Sayangnya, prosedur seperti ini pun memiliki kelemahan. Misalnya, ketika password milik sobat terlalu panjang dan mengandung karakter yang sulit, sobat tidak dapat memastikan inputannya dengan benar. Selain itu, ketika sobat lupa dengan password karena selalu otomatis login, sobat tidak dapat melihat password milik sobat sendiri.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Password WiFi di Android Terbukti Berhasil

Menghadapi masalah seperti ini, sobat tidak perlu khawatir. Sobat tetap dapat melihat password yang tersembunyi dibalik tanda tersebut dengan cara yang mudah. Penasaran?


Cara Melihat Password Di Balik Tanda Bintang Dengan Mudah


1. Melalui Inspect Element

  • Untuk melihat password yang tersembunyi di balik titik dengan inspect element, sobat harus menggunakan laptop atau PC untuk mengaksesnya. Langkah pertama, klik kanan pada kolom password yang ingin sobat ketahui. Setelah itu, akan muncul berbagai menu pilihan, sobat pilih “Inspect element”.
  • Kemudian sobat akan ditampilkan jendela inspect element dengan dua baris kode yang terseleksi. Lalu, klik dua kali pada bagian type=”password”, dan ganti kata “password” dengan kata “text”. Setelah diganti, kode akan berubah menjadi type=”text”. Pastikan untuk tidak typo ya, sobat. Karena akan berpengaruh pada keberhasilan sobat untuk melihat password.
  • Setelah diganti, tekan Enter untuk menyelesaikan proses dan kolom password yang sebelumnya berupa titik atau bintang sudah berganti menjadi kolom yang berisi tulisan password milik sobat.
  • Jika ingin menyembunyikannya kembali, sobat tidak perlu melakukan cara ulang, tapi hanya perlu me-refresh atau reload halaman. Karena setelah di refresh atau reload, halaman akan kembali menyembunyikan password dengan tanda titik.

2. Menggunakan Kode Javascript

Metode pertama di atas dapat diandalkan, tetapi ada metode lain yang tampak rumit, tetapi lebih cepat. Jika Anda sering perlu untuk melihat kata kunci di browser Anda, kemudian menggunakan Javascript string akan lebih cepat. Proses ini tidak memerlukan setup awal, tetapi dalam jangka panjang, ini lebih baik dari metode di atas.

Supaya berhasil, pastikan bahwa password diketik di kolom pada halaman web. Setelah itu, copy dan paste kode di bawah ini di address bar browser.

javascript:(function(){var s,F,j,f,i; s = ""; F = document.forms; for(j=0; j<F.length; ++j) { f = F[j]; for (i=0; i<f.length; ++i) { if (f[i].type.toLowerCase() == "password") s += f[i].value + "\n"; } } if (s) alert("Passwords in forms on this page:\n\n" + s); else alert("There are no passwords in forms on this page.");})();

Bagian dengan javascript dan titik dua dari kode awal akan dihapus secara otomatis oleh browser Anda ketika Anda meletakkan kode javascript di address bar. Anda harus memasukkan secara manual lagi. Cukup ketik saja "javascript:" di awal kode.

Untuk membuat proses lebih mudah, Anda dapat membuat bookmark dan masukkan kode JavaScript di atas ke dalam bookmark URL (tidak perlu secara manual memasukkan bagian lagi).

Bila Anda ingin menampilkan password pada halaman maka Anda hanya perlu membuka bookmark.

3. Menggunakan Ekstensi Browser Berbagai Browser

Cara lainnya untuk dapat melihat password di balik tanda titik adalah dengan menggunakan ekstensi browser. Di berbagai browser dapat menggunakan ekstensi ini, diantaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Di Google Chrome, sobat dapat menggunakan ekstensi bernama ShowPassword. Setelah mendownload ekstensi, sobat dapat melihat password dengan beberapa langkah. Pertama yaitu Hover, kemudian sobat harus meng-klik dua kali pada password, dan langkah terakhir yang sobat lakukan adalah menekan tombol Ctrl.
  • Pada Mozilla Firefox, sobat dapat mendownload ekstensi yang bernama Show/Hide Passwords. Setelah terinstall di browser sobat, maka sobat tidak perlu melakukan langkah lainnya. Karena secara otomatis, di samping kolom password dimanapun, baik di email, sosial media, atau password dimana pun, akan muncul menu “Show”, yang mana dapat menampilkan password ketika di klik. Atau menu “Hide” yang berfungsi untuk menyembunyikan password.
  • Sementara di browser Opera, sobat dapat mendownload ekstensi bernama Show My Password. Setelah diinstal, sobat hanya perlu klik tombol ekstensi, kemudian pilih opsi Show all my passwords untuk melihat password. Namun, kelemahannya dengan ekstensi browser, semua orang yang menggunakan laptop sobat pun dapat mengetahui password sobat. Karena aplikasi sudah terinstall dan melekat di browser milik sobat.

Baca juga: Cara Bobol Password WiFi Di HP Android Untuk Internetan gratis

Kesimpulan

Terkadang kita memiliki kecenderungan untuk menggunakan "Remember Me" password login untuk memudahan akses. Setelah beberapa saat, mungkin dari kami akan melupakan apa password tersebut. Melalui cara ini akan berguna dengan mudah untuk membantu Anda mengambil kata sandi Anda dari password yang di rahasiakan dengan tanda bintang.

Nah itulah sobat beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan untuk tips melihat password tersembunyi di balik tanda titik yang telah kami jelaskan. Jika ada yang masih kurang pada artikel di atas kalian bisa beri tambahan masukan pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba sobat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel