Tips Scan Gambar menjadi PDF di Android dengan Mudah hanya dengan Google Drive

Scan gambar menjadi pdf di google drive



Media Manfaat - Banyak sekali dokumen penting yang berupa dokumen fisik. Sayangnya, menyimpan hanya dokumen fisik memiliki tingkat risiko tinggi. Jika dulu, orang membuat duplikasi dokumen fisik dengan cara mem-fotokopinya, masih menjadi risiko. Mengingat saat ini semua tidak bisa diprediksi, misalnya saja pencurian, kebakaran, bencana alam, dan hal buruk lainnya.

Di era digital ini, sobat perlu memanfaatkan teknologi untuk menyimpan dokumen – dokumen berharga ini. Dengan kata lain, sobat dapat mem-back up dokumen penting seperti KTP, KK, NPWP, IJAZAH, atau berbagai dokumen penting lainnya dengan memanfaatkan smartphone android.

Bukan foto jalan keluarnya, karena tidak semua kamera smartphone menghasilkan foto yang jelas. Cara yang tepat adalah dengan men-scan nya dan mengubahnya dalam bentuk PDF.

Jika sewaktu – waktu dokumen fisik hilang, sobat dapat langsung mencetak PDF tersebut untuk memudahkan proses pembuatannya.

Saat ini pun proses pendaftaran secara online mulai banyak dilakukan, untuk melamar pekerjaan misalnya, banyak perusahaan atau instansi pemerintah yang hanya mensyaratkan mengirim lamaran pekerjaan dari email saja. Tentu saja scan dokumen tadi sangatlah penting.

BACA JUGA: Mudah Banget! Inilah Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada Smartphone

Tanpa tambahan aplikasi, sobat bisa memanfaatkan Google Drive di smartphone android untuk scan gambar menjadi PDF. Bagaimana caranya?

Inilah tips scan gambar menjadi PDF di android dengan mudah menggunakan Google Drive:


1. Buka aplikasi Google Drive yang ada di smartphone android. Biasanya, aplikasi ini sudah ada secara default, tapi jika belum ada, sobat bisa mendownload terlebih dahulu di Google Store.

Scan gambar menjadi pdf di google drive

2. Setelah itu, masuk ke Google Drive dan klik tombol “+” warna putih biru yang berada di pojok kanan bawah.

Scan gambar menjadi pdf di google drive

3. Sobat akan ditampilkan beberapa pilihan. Pilih “Pindai” yang berupa ikon foto.

Scan gambar menjadi pdf di google drive

4. Kemudian, siapkan dokumen yang akan di scan, misalnya ijazah, KTP, KK, SIM, atau dokumen penting lain yang akan di scan. Letakkan pada permukaan yang datar, tidak perlu harus permukaan dengan warna tertentu atau yang polos, yang terpenting permukaannya datar.

5. Jika dokumen sudah siap, arahkan kamera Google Drive pada dokumen tersebut. Setelah itu, tekan Shutter atau tombol biru yang ada di tengah bawah untuk meng-capture dokumen.

6. Inilah mengapa sobat tidak perlu pusing mencari latar belakang warna polos, karena Google Drive akan secara otomatis melakukan crop atau memotong foto di bagian dokumen saja. Namun terkadang, hasilnya masih kurang akurat. Oleh karena itu, sobat bisa mengeditnya lagi sesuai dengan keinginan.

7. Ketika sobat memutuskan untuk mengeditnya kembali, maka Google Drive akan menampilkan foto secara utuh seperti saat sebelum di crop. Di sini, terdapat titik – titik biru yang terhubung dengan garis, garis inilah yang dapat membantu sobat untuk memotong bagian dokumen. Arahkan dan posisikan sesuai dengan keinginan. Setelah selesai, tekan tombol Checklist di pojok kanan bawah.

8. Setelah itu, akan ditampilkan hasil foto yang sudah sobat edit tadi. Jika sudah sesuai, sobat bisa menekan tombol checklist yang ada di kanan bawah, atau jika masih belum sesuai sobat bisa menekan tombol back yang ada di tengah dan kemudian akan dikembalikan ke halaman edit awal.

9.
Jika sobat sudah menekan tombol checklist, maka hasil PDF dari dokumen yang sudah sobat scan tadi akan muncul di Google Drive akun sobat.

Fitur dari Google Drive ini sangat berguna untuk men-scan foto menjadi PDF dengan smartphone android 

Sangat mudah dan simple. Selamat mencoba, sobat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Scan Gambar menjadi PDF di Android dengan Mudah hanya dengan Google Drive"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel