Tips Menyimpan Halaman Web menjadi File PDF di Android dan Windows

Tips menyimpan hapaman web menjadi pdf


Media Manfaat - Dalam penyimpanan dokumen berupa tulisan, ada berbagai format untuk
menyimpannya. Dapat disimpan dalam bentuk Microsoft Word
dan juga dalam format PDF. Kedua format ini sangat familiar digunakan. Menyimpan dalam format Microsoft Word memungkinkan sobat untuk dapat melakukan editing pada tulisan. Sementara dengan PDF, sobat tidak dapat melakukan editing pada tulisan.

Meski begitu, menyimpan dalam bentuk PDF juga banyak peminatnya. Bahkan, dari berbagai format dapat diubah menjadi format PDF. Termasuk juga website atau halaman dalam suatu website, dalam juga disimpan dalam format PDF.

Terkadang, sobat memiliki suatu halaman website favorit yang sering dikunjung dan dibaca. Jika kendala sobat adalah koneksi internet, sobat dapat menyimpan halaman website tersebut dalam format PDF. Inilah yang menjadi keuntungan dari format PDF, dimana sobat dapat membuka dan membacanya kembali meskipun dalam keadaan offline. Selain itu, sobat pun dapat dengan mudah membagikan file nya kepada teman lainnya.

Jika sobat ingin menyimpan website dalam format PDF, sobat dapat melakukan langkah – langkah seperti di bawah ini. Baik dengan smartphone android maupun PC Windows, sobat tetap dapat menyimpan halaman website menjadi format PDF.

BACA JUGA: Tips Scan Gambar menjadi PDF di Android dengan Mudah hanya dengan Google Drive

Tips menyimpan halaman website menjadi file PDF di smartphone android:

1. Untuk menyimpan halaman website menjadi file PDF, langkah pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Convert Web to PDF. Sobat dapat mendownload aplikasi Convert Web to PDF di Play Store kemudian menginstall di smartphone sobat.

2. Setelah berhasil di install, sobat harus memasukkan URL halaman website yang ingin dikonversi menjadi file PDF.

3. Setelah di paste halaman URL website, tekan Convert. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

4. Setelah proses convert selesai, maka akan muncul notifikasi Successful! pada halaman. Kemudian, sobat dapat menekan pilihan Open untuk membuka file PDF tersebut.

Tips menyimpan halaman website menjadi file PDF di Windows

1. Untuk dapat menyimpan halaman website menjadi file PDF di Windows, sobat tidak perlu mendownload ataupun menginstall aplikasi. Sobat dapat menggunakan browser yang biasa sobat gunakan, misalnya Google Chrome. Caranya adanya dengan menekan pada keyboard Ctrl+P.

2. Setelah itu, jendela Print akan terbuka. Pada jendela Print, klik tombol Change....

3. Kemudian, akan ditampilkan halaman pop up. Sobat dapat melanjutkan dengan menuju menu Print Destinations kemudian pilih Save as PDF.

4. Langkah selanjutnya adalah dengan meng-klik tombol Save.

5. Selain dengan cara membuka jendela Print, sobat juga dapat memanfaatkan fitur bawaan Google Chrome. Langkah pertama adalah membuka halaman website yng akan di-convert.

6. Kemudian, tekan menu di kanan atas, lalu pilih menu Share...

7. Dalam pop up Share, pilih opsi Print.

8. Setelah itu, pilih Save as PDF dan kemudian tekan ikon Save tountuk disimpan ke PC.

BACA JUGA:
Tips Ampuh Hapus Aplikasi di Laptop Sampai Tuntas
Tips Menggunakan Bluetooth untuk Mengkoneksikan Smartphone Android ke PC Windows 10

Menyimpan halaman website menjadi file PDF menggunakan ekstensi

  • Tambahan untuk sobat, selain dapat dilakukan di smartphone maupun PC Windows, sobat juga dapat menggunakan ekstensi untuk dapat menyimpan halaman website menjadi file PDF.
  • Sobat dapat menggunakan ekstensi bernama FireShot, kemudian download dan install.
  • Selanjutnya, buka halaman website yang akan disimpan menjadi file PDF, kemudian klik ikon FireShot yan ada di kanan atas dan pilih opsi Capture.


  • Setelah itu, akan muncul jendela Save Screenshot, lalu pilih Save to PDF.

Selamat mencoba, sobat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel