Tips Mengatasi IDM yang tidak bisa Download di Google Chrome dan Mozilla Firefox

Media Manfaat - Internet kini sudah menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kita. Bahkan bisa dipastikan, setiap hari kita mengakses internet, entah untuk mencari informasi, berkomunikasi, serta download gambar, video, musik, maupun file – file lainnya.

Kegiatan mendownload ini kerap kali berhubungan dengan IDM (Internet Download Manager). IDM tentunya sudah sangat populer, dimana merupakan software yang digunakan untuk mendownload file di internet serta menyuguhkan kecepatan download di atas rata – rata, bahkan bisa lebih cepat lagi jika didukung dengan koneksi internet yang mumpuni.

Internet Download Manager

Selain itu, mendownload di IDM juga sangatlah mudah dan dapat dijeda atau pause. Sayangnya, meskipun memiliki banyak kelebihan, IDM bukanlah software yang dapat dinikmati tanpa halangan.

Pada awal mendownload software IDM ini, sobat diberikan trial masa uji coba selama 15 hari. Di hari berikutnya, jika masih ingin menggunakan IDM, sobat diharuskan membeli serial number untuk dapat mengaktifkan IDM kembali.

Walaupun sobat sudah membeli serial number, terkadang dalam penggunaan IDM pun muncul kendala. Kendala paling sering adalah IDM yang tidak bisa digunakan untuk mendownload.

Biasanya, penyebab IDM tidak bisa digunakan untuk download adalah belum registrasi, IDM sedang update, atau mungkin IDM belum ON di browser yang sobat gunakan.

Beruntung, sobat berada di artikel ini, yang mana akan memberikan tips cara mengatasi IDM yang tidak dapat digunakan untuk download, baik di Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Sebelumnya, sobat harus mengecek dulu apakah IDM yang sobat gunakan sudah teregistrasi atau belum. Jika sudah teregistrasi, sobat bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

Tips Mengatasi IDM yang tidak Bisa Download di Google Chrome:


1. Langkah pertama untuk mengatasi IDM yang tidak bisa digunakan untuk download di Google Chrome, sobat harus membuka Google Chrome terlebih dahulu.

2. Kemudian, klik simbol tiga titik di pojok kanan atas dan pilih more tools, dilanjutkan dengan memilih Extensions.

3. Kemudian akan muncul halaman dengan beberapa aplikasi Google Chrome. Di sana, terdapat IDM Integration Module, sobat harus menggeser simbol di pojok kanan bawah menjadi ON.

4. Jika tidak ada, kemungkinan sobat belum memiliki extention IDM. Untuk dapat mengaktifkannya, sobat harus menambahkannya terlebih dahulu. 
  • Caranya adalah dengan klik Start, kemudian klik Computer dan pilih Local Disk C.
  • Setelah itu, masuk ke Program Files dan pilih Internet Download Manager. Setelah folder instalasi IDM terbuka, cari file crx.
  • Setelah itu, drag dan drop file IDMGCExt.crx ke laman Extensions di Google Chrome.

Tips Mengatasi IDM yang tidak Bisa Download di Mozilla Firefox:


1. Sama halnya dengan Google Chrome, untuk mengatasi IDM yang tidak dapat digunakan untuk download di Mozilla Firefox langkah pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan membuka Mozilla Firefox terlebih dahulu. 

2. Setelah itu, klik simbol tiga garis di pojok kanan atas.

3. Cek pada bagian Add Ons, jika masih disable sobat harus merubahnya ke enable terlebih dahulu.

4. Jika extension IDM belum ada, sobat bisa menambahkannya. 
  • Cara menambahkan extension IDM adalah dengan cara klik simbol gear, lalu pilih Install Add-Ons from file.
  • Sobat dapat memilihnya di Program File (x86), lalu masuk ke folder Internet Download Manager. Setelah itu, pilih idmmzcc3.xpi.
  • Setelah memilih file tersebut, maka IDM sudah ditambahkan ke extension Mozilla Firefox sobat.

Sangat mudah, bukan? Jadi tidak perlu bingung lagi ya, sobat, ketika IDM tidak bisa digunakan untuk download. Karena ada cara dan tips untuk mengatasinya.

Selamat mencoba sobat!

0 Response to "Tips Mengatasi IDM yang tidak bisa Download di Google Chrome dan Mozilla Firefox"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel