Tips Ampuh Hapus Aplikasi di Laptop Sampai Tuntas

Tips hapus aplikasi di laptop

Tak sedikit dari sobat yang kegiatan sehari – harinya menggunakan laptop, entah untuk mengerjakan proyek, pekerjaan mengharuskan menggunakan laptop, atau kegiatan hiburan lainnya.

Terkadang, sobat juga membutuhkan aplikasi penunjang untuk menyelesaikan pekerjaan. Atau sobat seorang gamer yang senang menginstall berbagai games.

Dengan banyaknya aplikasi tersebut, kinerja laptop sobat dapat menurun. Menurunnya kinerja bisa disebabkan karena penuhnya memori dari aplikasi yang sudah sobat install di laptop, baik aplikasi chatting, game, ataupun aplikasi lainnya.

Menurunnya kinerja laptop, menjadi lebih lemot misalnya, tentu akan mengganggu pekerjaan sobat. Oleh karena itu, cara yang tepat dilakukan adalah dengan melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

Sayangnya, untuk menghapus aplikasi di laptop sampai tuntas tidak semudah menghapus file dengan menekan tombol Delete saja. Tetapi harus dilakukan dengan tahapan tertentu agar aplikasi benar – benar terhapus sampai tuntas.


Berikut ini adalah tips ampuh hapus aplikasi laptop sampai tuntas:


  1. Setelah laptop dinyalakan, sobat bisa memulai untuk menghapus aplikasi laptop sampai tuntas melalui menu Control Panel. Pertama, klik ikon Windows di pojok kanan bawah, lalu lihat ke bagian kanan dan cari menu “Control Panel”. Kemudian klik “Control Panel”.
  2. Kemudian, sobat akan masuk ke menu Control Panel. Di sana, sobat akan disuguhkan berbagai menu settings. Pilih menu “Programs – Uninstall Programs”.
  3. Jika sudah di klik, akan muncul jendela yang menampilkan semua aplikasi serta game yang sudah terinstall di laptop sobat. Sobat tinggal memilih aplikasi mana yang akan di hapus atau di uninstall.
  4. Pilih salah satu aplikasi, lalu klik kanan satu kali.
  5. Setelah itu, sobat klik menu “Uninstall” yang muncul. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya benar – benar selesai. Setelah proses berlangsung, biasanya akan muncul jendela yang berisi persetujuan. Sobat bisa langsung klik “Next”.
  6. Langkah terakhir, sobat harus menghapus beberapa file sisa aplikasi. Karena tak jarang ada beberapa aplikasi yang tidak menghapus sisa file di dalam sistem laptop.

BACA JUGA: Tips Mengatasi IDM yang tidak bisa Download di Google Chrome dan Mozilla Firefox

Ketika sobat sudah berhasil meng-uninstall, bisa jadi proses belum selesai semua. Hal ini dikarenakan adanya file dari aplikasi tersebut yang belum terhapus. Atau bisa terjadi karena aplikasi tersebut sengaja tidak menghapus filenya.

Meskipun aplikasi sudah terhapus, namun file masih tersisa, hal ini pun dapat memenuhi memori laptop. Padahal, file ini sudah tidak berguna karena tidak bisa dibuka tanpa aplikasi.

Oleh karena itu, sobat harus menghapus file – file sisa ini hingga tuntas. Cara menghapus file dari aplikasi ini sangatlah mudah, sobat bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

Cara menghapus file sisa aplikasi di laptop ini terbukti efektif dan cepat untuk menghapus aplikasi atau game hingga tuntas. Selain itu, cara – cara ini juga dapat diterapkan pada berbagai macam OS, seperti Windows 10, 8, 7, Vista, hingga XP.

Cara menghapus file sisa aplikasi hingga tuntas:

  1. Buka Windows Explorer dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyword untuk membuka Run. Setelah itu, ketik “explorer” dan tekan Enter.
  2. Kemudian, pilih partisi C, dilanjutkan dengan pilih folder “Program Files” atau “Program Files (x64)”.
  3. Setelah itu, cari nama folder yang memuat nama aplikasi atau perusahaan pembuat aplikasi yang sudah di-uninstall sebelumnya. Jika sobat tidak menemukan file sisa aplikasi, maka sudah benar – benar terhapus.
  4. Langkah selanjutnya adalah menghapus folder tersebut seperti biasanya. Jangan lupa, sobat juga harus menghapusnya di Recycle Bin.

Dan aplikasi serta file sisa aplikasi akan terhapus dengan tuntas, selamat mencoba!

0 Response to "Tips Ampuh Hapus Aplikasi di Laptop Sampai Tuntas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai pembahasan artikel blog, Gunakan kata-kata bijak Positif, Inspiratif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel