Sering Kecolongan Kuota Jebol? Inilah Tips Membatasi Penggunaan Data Internet di Smartphone Android

Cara hemat kuota internet di smartphone
Memiliki smartphone android akan sama rasanya dengan memiliki handphone biasa apabila tidak dapat mengakses internet. Oleh karena itu, adanya jaringan internet di smartphone sangat penting, supaya smartphone dapat digunakan secara optimal.

Beruntungya, kini banyak tempat – tempat umum yang menyediakan jaringan wifi secara gratis. Sobat dapat mengakses di wifi corner, cafe, ataupun di tempat umum lainnya.

Sayangnya, jika tidak ada wifi sobat harus menggunakan data internet atau kuota. Penggunaan kuota tentu saja tidak unlimited seperti wifi, oleh karena itu perlu ada batasannya. Seperti halnya dengan kuota reguler, yang perhitungan harganya sesuai dengan jumlah data per kilobyte yang diakses, tentu akan membuat tarif kuota jebol.

Solusi yang dapat sobat lakukan adalah dengan membatasi penggunaan data di smartphone android. Sehingga, sobat dapat menetapkan batas penggunaan yang sama persis dengan jumlah data yang disediakan oleh paket data. Jadi, tidak perlu khawatir akan biaya tambahan. Bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini!

Tips membatasi penggunaan kuota internet pada smartphone android:

1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan untuk membatasi penggunaan kuota internet adalah dengan masuk ke menu Settings. Kemudian klik menu Wireless & Networks, lalu tekan Data Usage untuk menuju ke pengaturan data.

2. Untuk mengatur batas penggunaan kuota, sobat harus terlebih dahulu mengaktifkan Mobile Data Traffic.

3. Setelah itu, tekan Set mobile data limit. Fungsi dari fitur Set mobile data limit adalah untuk membatasi penggunaan data internet.

4. Kemudian, kotak dialog Limiting data usage akan muncul, setelah itu tekan “OK”. Biasanya, ada perbedaan antara penetapan batas limit kuota dari provider dengan batas limit kuota dari smartphone. Sebaiknya, sobat dapat menetapkan batasan penggunaan kuota yang lebih rendah daripada paket yang sobat miliki.

5. Setelah itu, akan muncul tampilan slider yang bisa sobat atur. Ada dua slider, dimana bagian bawah merupakan batas penggunaan data, sementara bagian atas adalah batas aktual. Setelah batas aktual tercapai, smartphone akan memblokir penggunaan kuota internet. artinya, sobat tidak akan dapat mengakses internet lagi karena sudah mencapai batas penggunaan kuota. Sobat dapat menetapkan berapapun batasannya dengan cara menyeret slider.

6. Misalnya, sobat menetapkan slider bawah setelah penggunaan kuota sebesar 1,5 GB. Dan batasan slider atas 3 GB. Jadi, nanti ketika sudah digunakan 1,5 GB, sobat akan mendapatkan peringatan. Dan kuota internet sobat akan diblokir setelah penggunaan kuota 3 GB.

Selain itu, sobat juga dapat menetapkan siklus perhitungan kuota, yang mana dapat dihitung dalam siklus bulanan. Kemudian ketika mencapai tanggal tertentu, maka akan dilakukan penghitungan ulang. Caranya sebagai berikut sobat:
  • Cara yang dapat dilakukan yaitu membuka menu Settings, kemudian buka Wireless & Networks, dan selanjutnya Data Usage. Untuk menetapkan siklus bulanan, sobat dapat memilih menu Date Selector.
  • Setelah itu, pilih Change Cycle.
  • Sobat dapat memilih tanggal dengan cara menggulirkan Date Selector di kotak dialog yang tersedia. Setelah memilih tanggal yang sobat inginkan, tekan “SET” yang ada di pojok kanan bawah kotak dialog.
  • Setelah itu, akan ditampilkan jumlah penggunaan kuota pada smartphone sobat setiap bulannya.
Dengan membatasi penggunaan kuota, sobat dapat browsing dengan nyaman dan tidak perlu khawatir lagi dengan jumlah tagihan kuota yang membengkak.

Sekian tips dari saya sobat, Selamat mencoba!

0 Response to "Sering Kecolongan Kuota Jebol? Inilah Tips Membatasi Penggunaan Data Internet di Smartphone Android"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel