MicroSD Sobat Rusak? Atasi dengan Tips ini!


 

     Media Manfaat - Setiap smartphone tentunya memiliki kapasitas penyimpanan sesuai dengan spesifikasi dari smartphone tersebut. Dengan adanya kapasitas penyimpanan ini, sobat dapat menyimpan berbagai aplikasi, dokumen, serta berbagai file di smartphone.

    Meskipun sudah disediakan ruang penyimpanan, seringkali ruang penyimpanan masih kurang karena banyaknya file yang kita simpan. Apalagi jika sobat suka bermain, menginstal aplikasi, serta berfoto dan mengambil video kemudian menyimpannya di memori internal smartphone, tentu akan semakin cepat penuh.

   Jalan keluar supaya sobat bisa tetap menyimpan berbagai file adalah dengan menambahkan memori eksternal pada smartphone. Memori eksternal ini biasa disebut dengan microSD. Fungsi microSD sama seperti falsh disk, tapi khusus digunakan dan digunakan untuk smartphone karena ukurannya kecil, sepertinya namanya yaitu “micro”.

   Meskipun kecil, microSD sangat diandalkan dalam hal penyimpanan eksternal untuk smartphone. Bahkan, kapasitas tertinggi dari microSD ini sudah mencapai 2 TB.

   Meskipun sangat diandalkan, namun microSD pun tak luput dari berbagai masalah. Masalah paling sering dihadapi oleh para pengguna adalah tidak terbacanya microSD di smartphone atau bahkan ketika dicek di laptop. Masalah lainnya yaitu adanya file yang rusak atau corrupt.

   Mungkin sobat juga pernah mengalami masalah tersebut pada microSD yang sobat gunakan. Jika demikian, jangan panik! Sobat dapat menyelamatkan microSD sobat. Bagaimana caranya?

Inilah tips atasi microSD yang rusak:

1. Membersihkan Lempengan Tembaga
  • Langkah pertama yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi microSD yang rusak adalah dengan membersihkan lempengan tembaga pada microSD, yaitu daerah yang berwarna kuning. Keluakan microSD dari slot smartphone, pastikan juga smartphone sobat sudah di shut down.
  • Setelah itu, bersihkan lempengan tembaga pada microSD. Cara membersihkannya tidak asal, tapi menggunakan peralatan khusus yaitu cotton bud, kain microfiber, atau juga menggunakan penghapus pensil yang bersih.
  • Usap bagian lempengan tembaga dengan sangat hati – hati. Pastikan sobat menggosok dengan baik supaya tidak mengakibatkan goresan pada lempengan tembaga. Setelah bersih, masukkan kembali microSD pada slot.
  • Kemudian, nyalakan smartphone dan lihat apakah microSD sobat sudah terbaca atau belum.
BACA JUGA:
2. Format dari Smartphone atau Laptop
  • Jika cara pertama dengan menghapus lempengan tembaga tidak berhasil, jangan berputus asa. Sobat dapat menggunakan cara lainnya, yaitu dengan melakukan format, bisa dari smartphone langsung maupun dari laptop.
  • Cara memformat dari smartphone yaitu dengan masuk ke menu Settings. Setelah itu pilih menu Storage. Pada menu Storage, pilih opsi Erase SD Card. Dengan melakukan langkah – langkah tersebut, microSD sobat dapat kembali kosong dan bisa terbaca kembali.
  • Jika menggunakan laptop, sobat bisa memasukkan microSD ke card reader. Setelah dimasukkan pada card reader, masukkan pada lubang USB di laptop. Setelah itu, buka My Computer, kemudian klik kanan pada folder microSD, lalu pilih Format.
  • Selain dengan cara melepas microSD, sobat juga bisa langsung menyambungkan smartphone pada laptop. Pastikan ketika sedang tersambung ke laptop, smartphone berada pada mode MSC (Mass Storage Mode).
  • Setelah itu, sobat dapat melakukan pengecekan microSD pada Windows Explorer. Cara mengeceknya yaitu dengan klik kanan pada drive memory card, setelah itu pilih menu Properties – Tools – Error Checking. Setelah ini, proses pengecekan akan berlangsung.
  • Ketika proses sudah selesai, eject microSD dan masukkan kembali ke slot memori smartphone. Biasanya, microSD akan kembali terbaca di smartphone.
Masalah file corrupt ini terkadang hanya tidak bisa terbaca di smartphone tapi terbaca di laptop, atau sebaliknya. Jika hal ini yang terjadi, ada baiknya sobat melakukan back up terhadap data di microSD sebelum melakukan Format.
Selamat mencoba sobat, Semoga tipsnya bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel