Mudah Banget! Inilah Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada Smartphone

Cara Mengaktifkan Fitur NFC
MediaManfaat.com - Smartphone keluaran terbaru, biasanya golongan kelas menengah hingga flagship, kini dilengkapi fitur NFC. Mungkin bagi sebagian orang, NFC sangat penting digunakan untuk kehidupan sehari – hari. Tapi, sebagian orang lainnya menganggap fitur NFC di smartphone kurang penting. Sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan fitur NFC di smartphone, sobat perlu mengetahui dulu sebenarnya apakah itu NFC?

NFC sendiri merupakan singkatan dari (Near Field Communication), dari singkatannya saja kita sudah dapat mengira – ngira bahwa aplikasi ini digunakan dengan cara mendekatkan perangkat. NFC adalah konektivitas yang memiliki fungsi untuk menghubungan dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat tersebut. Perangkat yang dimaksud bukan hanya antar smartphone, tapi juga smartphone dengan perangkat lainnya.

Dengan adanya NFC, sobat dapat mengirimkan berbagai file, musik, dokumen, foto, permainan multiplayer, dapat digunakan sebagai alat pembayaran, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, dapat digunakan untuk akses gerbang kereta atau transportasi, dan banyak hal lainnya. Sangat multifungsi, karena inilah fitur NFC mulai hadir di smartphone saat ini.

Yang menjadi banyak pertanyaan, apakah perbedaan antara NFC dengan bluetooth? Perbedaannya adalah pada jangkauan berkomunikasi dan mekanisme komunikasi. Pada NFC, komunikasi hanya dapat dilakukan dengan jarak kurang dari 10 centimeter saja, lebih pendek dari bluetooth. Bisa juga dengan cara menyinggungkan dua jenis perangkat. Dan kelebihannya daripada bluetooth adalah kemampuan berkomunikasi tanpa pairing. Inilah mengapa NFC memungkinkan sobat untuk dapat membayar menggunakan smartphone.

Untuk mengetahui smartphone sobat sudah terdapat teknologi NFC atau belum, dapat melihat spesifikasi dari smartphone. Cara lain untuk mengetahui apakah smartphone sudah memiliki teknologi NFC adalah dengan mengecek bagian belakang smartphone. Pada bebera seri smartphone, tulisan NC terdapat pada tempat penyimpanan baterai. Sementara di Sony Xperia terdapat huruf “N” di body belakang smartphone.

Untuk dapat mengaktifkan NFC pada smartphone, pastikan terlebih dahulu smartphone sobat sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Jika sudah dipastikan terdapat fitur NFC, cara mengaktifkan fitur NFC sangat mudah.

Inilah cara mengaktifkan fitur NFC melalui menu pengaturan smartphone:

1. Masuk pada bagian “Pengaturan”

2. Setelah itu, pilih “Pengaturan Lainnya”, namun di beberapa smartphone pengaturan ini terdapat pada menu “Pengaturan Jaringan”

3. Di menu ini, sobat akan menemukan pilihan “NFC”

4. Setelah itu, masuk ke bagian “Berbagi & Hubungkan”

5. Setelah itu, aktifkan NFC dengan cara menggeser posisi keterangan ke mode “on”

Setelah aktif, sobat bisa menggunakan fitur NFC ini untuk berbagai keperluan. Mulai dari membayar, bertukar file, atau bermain bersama teman yang juga memiliki fitur NFC.

Selain cara megaktifkan fitur NFC melalui pengaturan, ada juga cara mengaktifkan dengan menyalakan NFC pada shortcut di bagian atas pengaturan. Lokasi shortcut NFC berada satu posisi dengan menu untuk mengaktifkan “data seluler”, “bluetooth”, “wifi”, dan lainnya. sobat hanya tinggal mengaktifkannya saja.

Sangat mudah, bukan? Jadi, bagi sobat yang belum membeli smartphone dan hendak membeli smartphone, pastikan spesifikasi calon smartphone yang akan dibeli sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Karena hal ini akan sangat memudahkan sobat, dan tentunya akan sangat berguna di kehidupan yang akan datang.

Dunia ini akan semakin melibatkan teknologi modern, tak terkecuali dengan Indonesia. Mungkin suatu saat nanti, Indonesia akan menerapkan metode pembayaran cashless, sehingga penggunaan kartu debit, kredit, e-money, serta NFC akan sangat berguna.

Selamat mencoba sobat!

0 Response to "Mudah Banget! Inilah Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada Smartphone"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel