Aplikasi Perekam Musik dari Dolby, seperti Apa Kecanggihannya?

Aplikasi Perekam Musik dari Dolby
MediaManfaat.com - Setiap smartphone, bahkan handphone jadul sudah dibekali dengan aplikasi perekam suara. Aplikasi perekam suara ini dulu bahkan sangat menarik, sebelum kepopulerannya tergeser dengan kamera yang semakin berkembang.

Aplikasi perekam ini tentu banyak gunanya, terlebih bagi wartawan ketika mewawancarai narasumber, atau kegiatan lainnya. Semakin bagus spesifikasi suatu smartphone, kualitas perekamnya juga akan semakin bagus. Meski begitu, kemampuan merekam yang ditawarkan masih standar, suara yang dihasilkan dari rekaman tidak dapat jernih.

Dolby Digital, yang merupakan teknologi untuk menghasilkan suara surround digital, mulai mengembangkan aplikasi perekam suara pada smartphone. Teknologi surround digital ini biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film di bioskop atau DVD. Melihat kemampuannya ini, tentu kita semua menantikan seperti apa keceanggihan dari aplikasi smartphone keluaran Dolby Laboratories nanti.

Dikabarkan bahwa Dolby tengah mengerjakan aplikasi yang diberi nama “234”. Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam yang dapat menghasilkan suara yang baik, bahkan dapat digunakan musisi untuk melakukan perekaman tanpa harus ke studio. Sebelumnya, ketika ingin merekam lagu atau musik, musisi harus melakukannya di studio rekaman dengan peralatan dan software yang profesional untuk menghasilkan suara yang baik. Selain itu juga untuk menghindari noise atau gangguan yang timbul di belakang suara yang direkam.

Namun, dengan adanya Dolby 234 nanti, musisi tidak perlu lagi merekam musik di studio rekaman, bahkan rekaman dapat dilakukan ketika bepergian dimana pun. Hal ini dikarenakan, Dolby 234 memiliki kelebihan untuk dapat mengukur noise latar belakang dan menghapus noise tersebut atau menghilangkannya.

Tak terkecuali di dalam ruangan, sobat pasti masih dapat menemukan noise, misalnya suara dari AC, kipas angin, atau suara lalu lintas di luar ruangan yang bocor ke dalam ruangan. Inilah yang menjadi keunggulan dari Dolby 234 nantinya, yaitu menghilangkan noise seperti kemampuan yang ada pada headphone yang memiliki fitur noise-cancelling.

Selain kemampuan untuk dapat mengukur dan membatalkan noise, tentu masih ada kelebihan lain yang ditawarkan oleh Dolby. Kelebihan lain dari Dolby adalah kemampuannya untuk dapat mengedit video, seperti trimming, loudness boost, bass control, treble control. Ada lagi keunggulan lainnya, yaitu Clean Up untuk mereduksi noise, serta menghilangkan atau memotong semua gangguan. Seperti suara – suara latar belakang yang tidak diinginkan tadi.

Kemudian ada menu Shape Sound, dimana menu ini merupakan EQ dinamis unik dari Dolby serta pelebaran stereo yang dapat memberi pengguna nada suara dan ruang yang lebih luas. Selanjutnya ada kemampuan Boost Fullness, dimana dengan aplikasi ini sobat dapat melakukan kompresi dan mengurangi gangguan bahkan ketika sobat merekam suara secara live atau langsung.

Dengan kecanggihan aplikasi perekam suara 234 dari Dolby ini, sayangnya sobat tidak bisa mendapatkannya secara gratis. Namun begitu, bocoran harga untuk aplikasi ini pun belum diketahui. Kabar baiknya, sobat dapat melakukan uji coba atau trial pada aplikasi perekam suara 234 Dolby ini selama tujuh hari.

Meski disambut hangat oleh para musisi dunia, namun pihak Dolby sendiri sebenarnya menolak untuk memberikan laporan pada media. Meski begitu, banyak yang menunggu dirilisnya aplikasi perekam suara dari perusahaan audio ternama ini. Dengan senjata utama noise cancelling nya, diprediksi bahwa Dolby 234 akan menjadi aplikasi yang banyak didownload, terutama oleh para musisi. Tunggu kehadirannya, ya, sobat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Perekam Musik dari Dolby, seperti Apa Kecanggihannya?"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai postingan blog, Gunakan kata-kata bijak positif, dan NO SPAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel